Microsoft Excel Error: “There was a problem sending the command to the program.”

beberapa hari ini saya menemukan permasalahan yang sebenarnya cukup sepele, tapi bagi saya itu cukup mengganggu, yaitu ada pesan error

“There was a problem sending the command to the program.”

pada saat saya ingin membuka dengan double-click di file Excel saya. sebenarnya file tersebut masih bisa dibuka, yaitu ketika aplikasi Excel nya sudah terbuka, kita tinggal drag-and-drop saja file Excel yang kita mau ke dalam aplikasi Excel, tapi menurut saya hal ini kurang praktis saja..

Untungnya di ranah maya ada seseorang yang mau berbagi informasi di blognya mengenai solusi dari permasalahan ini. Nah bagi yang tidak terlalu paham dengan bahasa inggris, saya ingin mencoba berbagi cara mengatasi hal ini. Perlu diketahui versi Excel yang saya gunakan adalah Excel 2007.

Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Excel terlebih dahulu
  2. Kemudian pilih Office Button
  3. Pilih tombol Excel Options
  4. Kemudian masuk ke tab Advanced
  5. Kemudian cari seksi General, dan hilangkan centang pada pilihan “Ignore other application that uses Dynamic Data Exchange (DDE)”
  6. Kemudia klik tombol OK, dan silakan mencoba lagi

Solusi di atas bisa menyelesaikan masalah saya, nah jika ada pembaca yang masih juga belum bisa teratasi dengan cara di atas, sebaiknya anda mulai mencari lagi di google, hehe..

 

23 responses to “Microsoft Excel Error: “There was a problem sending the command to the program.”

  1. thanks for “DDE” solution

  2. Makasih kakak atas info-nya,,,
    Akhirnya file excel saya bisa dibuka dengan normal,,,
    It’s really helpfull,,,thank you,,, ^^

  3. Ini yang lagi saya cari-cari akhirnya ketemu juga, sekarang masalahku ini sudah beres. Thanks so much.

  4. Syukurlah Anda beruntung masalah Anda teratasi. Saya sudah sejak awal mematikan opsi DDE itu, dan entah kenapa dua minggu belakangan ini Excel ngga mau double klik. Bahkan kalau sudah terlanjur dobel klik, si Excel tidak bisa dipanggil samasekali (start menu-msoffice-msexcel). Ngga ada pesan error apapun: excel has stopped working. Parahnya lagi, setelah saya buka Excel, maka semua office lain (word, access, powerpoint, sampai oneNote) ngga mau juga dibuka.
    Satu-satunya cara harus di-restart; itupun karena saya pakai deepfreeze sehingga error ini ngga berpengaruh setelah saya restart. Konyolnya lagi, Office ngga mau di-uninstall: bootstrap has stopped working.
    Kalau dalam 24 jam ngga ada solusi, mungkin saya terpaksa install ulang notebook saya ini…

    • Kalau yang saya lihat dari masalah yang anda hadapi, bisa saja di sistem OS anda terjadi registry error, kalau sebelumnya ada backup di System Restore dicoba saja dulu.. kalau memang sudah tidak ada perkembangan install ulang menjadi salah satu andalan terakhir biasanya. Semoga lekas menemukan solusi lain selain instal ulang.. :)

  5. kok, ngak bisa ya bro…ada cara lainnya ngak??? thanks

  6. Salam,
    Sobat saya punya problem yang hampir sama yaitu muncul pesan “There was a problem sending the command to the program” setiap pertama kali saya buka file Microsoft Word. Kemudian saya tutup pesan tersebut. Kemudian saya buka kembali file itu dan bisa terbuka.
    Pertanyaan saya: Apakah problem seperti ini sangat berbahaya ataukah tidak?
    Mohon bantuannya bagaimana ya menghilangkan pesan seperti itu, karena sedikit mengganggu.
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih. Wasalam (EH)

  7. terimakasiiiihhhh…. file bisa di buka lagi.

  8. mantabbb infonya …..gue jadi gak streesss uninstal office trussssss

  9. Thank You…. sangat membantu…….

  10. ga ada generalnya?

  11. kalo terjadi d word gmn gan?cm yg di flah aja.kalo dpindah k pc baru bisa

  12. thank u^^ helpfull sx…

  13. alhamdulillah masbro, saya sampe bertengkar dengan istri saya gara2 masalah ini. saya coba install ulang office nya pun tetep sama. rupanya ini solusinya. thanx berat ya mas.

  14. …pada saat saya ingin membuka dengan double-click di file Excel saya…

    kalau saya lain. pesan error itu muncul sewaktu membuka file CorelDraw (v X5 aka v15).

  15. Pas mau klik ms word atau exsel langsung ada There was a problem sending the command to the program.”
    jadi programnya gak bisa muka..gimana caranya supaya bisa buka..

Leave a Reply

