Listrik Pra Bayar: Kendali Ada di Tangan Anda

Update: Bapak Ibu para pembaca sekalian, posting dan diskusi di kolom komentar artikel ini telah pindah ke alamat baru yaitu di http://www.handyeka.com/listrik-pra-bayar-kendali-ada-di-tangan-anda/

Terima kasih.. ^_^

About these ads

278 responses to “Listrik Pra Bayar: Kendali Ada di Tangan Anda

  1. bos itu biya dah bersih tinggal pakai untuk prabayar kemaren ada orang kerumah katanya biaya pasang baru untuk prabayar 6.5 jt. mohon penjelasannya and kirimkan ke email saya. trims sebelumnya!

    • nahh itu dia.. selamat, anda sepertinya bertemu dengan orang yang menjual jasa, alias Calo.. :D
      Kalau boleh saya tahu Pak Hadi ada di daerah mana dan dengan daya berapa pak? saya yakin kalau Bapak Hadi mengurus ke kantor PLN jatuhnya ga segitu. :)

  2. “mampir dan konfirmasi” saya datang negri seberang sana. untuk konfirmasi aja. kalo link blog ini udah aku pasang diblog ku “di widget blogroll pertama” halaman depan. klo berkenan mampir ya liat2 and harapannya linkku juga bisa dipasang diblog ini.
    ni alamat bloku “http://idcreativity.blogspot.com/”.

  3. selamat malam
    nama saya rudy, sekarang ini saya memakai listrik prabayar, saya mau menanyakan apakah ada kemungkinan untuk membatasi power yang dipakai di meter kita dan kalau ada bagai mana cara settingnya dan settingan mengembalikan ke nilai semula. kalau boleh langsung balas aja ke email saya

    salam

    • Dear Bapak Rudy, untuk pembatasan daya sebenarnya di masing-masing meter PLN selalu disertai dengan pembatas daya atau MCB, pembatas daya ini dipasang sesuai dengan daya yang bapak langgan misal 900 VA, 1.300 VA, 2.200 VA atau bahkan lebih. Jika ingin memasang pembatas daya pada aliran listrik rumah Bapak setelah keluar dari meter PLN maka saya sarankan bapak menghubungi pihak instalatir listrik, semoga penjelasan saya bisa menjawab pertanyaan Bapak :)

  4. bro,klo kasusnya gini gmn..rumah sya kosong selama bbrp bulan,dan diputus listriknya oleh PLN,tagihan cm 245 rb,waktu saya mau bayar dibilang harus pasang baru lagi dengan prabayar untuk 1300 VA sebesar 2,1 juta,apakah benar biaya nya segitu?? itu di PLN KALASAN

    • Iya memang betul, apabila rumah kosong cukup lama dan tagihannya tidak terbayar lebih dari satu bulan maka aliran listrik ke pelanggan akan dibongkar. Jika akan melakukan penyambungan kembali akan dikenakan biaya sebesar pasang baru kembali dan juga tagihan-tagihan lainnya, dalam kasus Bapak Agus dikenakan biaya Penyambungan Kembali sebesar 1.300 VA x Rp.750 = Rp. 984.300, ditambah tunggakan Rp. 245.000 menjadi total Rp. 1.229.300, namun untuk lebih jelas mengenai perincian biaya tersebut, silahkan menanyakan bagian Pelayanan Pelanggan lebih lanjut.

      Untuk ke depannya saya menyarankan Bapak Agus untuk berpindah ke Listrik Prabayar, sehingga dikemudian hari rumah Bapak kosong lama tidak akan diputus. Semoga penjelasan saya dapat membantu, terima kasih.

  5. Bos mohon informasinya untuk biaya pemaangan baru listrik prabayar di bandung sebenarnya berapa?

    • Untuk daya berapa pak? kalau daya yang saya sebutkan di blog sudah sesuai dengan harga dari PLN, untuk penyambungan baru tersebut masih diluar biaya SLO (Surat Laik Operasi) instalasi listrik Bapak di rumah, biaya untuk SLO tersebut diluar biaya yang dibebankan PLN, karena SLO dikeluarkan oleh badan Konsuil.

  6. Mau tanya,
    Untuk listrik prabayar ini apakah tarifnya sesuai dengan pasca bayar? Dalam penggunaan listrik pasca bayar kan ada jam-jam tertentu yang tarifnya lagi tinggi-tingginya tuh, yaitu jam 17.00-22.00, nah apakah hal ini juga berlaku untuk listrik prabayar? Sebagai contoh, dengan listrik pasca bayar, jika saya menggunakan setrika jam 7 malam dengan jam 7 pagi kan tarifnya lebih mahal jam 7 malam, nah apakah dalam listrik prabayar hal ini juga berlaku? Sebagai antisipasi agar lebih hemat dalam menggunakan listrik.
    Mohon informasinya segera.
    Terima kasih.

    • Yang terhormat Ibu Citra, perlu anda ketahui untuk pelanggan rumah tangga atau tarif R tidak dikenakan double tarif seperti itu, meskipun untuk pelanggan golongan tarif R3 dengan daya >= 6.600 VA hanya berlaku batas hemat. Sehingga tarif pemakaian pada jam berapapun adalah sama untuk rumah tangga. Tarif untuk pelanggan rumah tangga baik pasca maupun prabayar adalah sama, hanya di prabayar anda bisa lebih mudah memantau penggunaan listrik karena menggunakan meter listrik elektronik yang lebih canggih. Semoga membantu.. :)

  7. Pingback: Listrik Prabayar: Tambah Daya Gratis! | Writing to Reach You

  8. Saya ismi, mau tanya…saya baru saja pindah ke surabaya dan bkin rumah baru disana, saya mau pasang listrik! saya ingin pake listrik prabayar tp saya kurang tau bgaimana?
    Kalo untuk pasang baru itu dikenakan biaya berapa dan bagaimana caranya? dan kalau misalnya sudah berlangganan perbulannya dikenakan biaya berapa? apa sama dengan biaya pasang baru? serta cara bayar perbulan nya bagaimana? harap di balas dan terima kasih.

    • Ibu Ismi yang budiman..

      Untuk pasang baru listrik ibu harus terlebih dahulu mengetahui berapa daya yang akan ibu pasang di rumah baru ibu, apakah 450, 900, 1300 atau 2200 VA? apabila masih di daya yang saya sebutkan tersebut silakan dikalikan Rp. 750, harga total tersebut hanya untuk biaya penyambungan listrik saja, diluar materai, SLO (Sertifikat Laik Operasi) dan instalasi listrik di rumah baru Ibu.

      Untuk listrik prabayar ibu tidak akan dikenakan biaya bulanan atau yang biasa kita kenal dengan biaya abonemen atau biaya beban, untuk listrik prabayar, apa yang ibu pakai murni ibu gunakan. Untuk cara pembayarannya adalah dengan membeli token atau kode angka yang kemudian diharuskan untuk dimasukkan angka tersebut ke dalam meter listrik prabayar ibu, harga token tersebut tersedia dalam pecahan Rp. 20.000, Rp. 50.000, Rp. 100.000 dst hingga Rp. 1.000.000. token tersebut bisa didapatkan di loket pembayaran tagihan listrik maupun ATM bank yang sudah bekerjasama dengan PLN seperti BCA, BNI, Bukopin, dll.

      semoga penjelasan saya cukup jelas. terima kasih. :)

  9. mau tanya kang handy…
    kalo tarif biaya pemasangan untuk tiap daerah itu sama ga ya?
    lalu kalo itu udah bersih semua untuk biaya pemasangan… ato masih ada biaya diluar itu, waktu teknis dilapangannya? karena saya berencana pasang meteran listrik prabayar baru.
    terima kasih sebelumnya

    • Yth Bapak Tinus yang sangat tertarik dengan Listrik Prabayar.. :)

      Di PLN ada yang dinamakan Biaya Penyambungan, yaitu biaya yang calon pelanggan bayar untuk mendapatkan pasokan listrik sesuai dengan daya kontrak, biayanya diatur oleh pemerintah di dalam TDL 2010 dan menjadi patokan Biaya Penyambungan di seluruh Indonesia, sehingga biaya yang dibutuhkan untuk memperoleh pasokan listrik seharusnya sama di seluruh daerah.

      Namun perlu saya pertegas PLN hanya melayani penyambungan sampai dengan meter listrik, Biaya Penyambungan tersebut juga hanya sampai dengan meter listrik, apabila ada instalasi di rumah bapak yang perlu dibenahi dan biaya untuk penerbitan Sertifikat Laik Operasi maka biaya-biaya lain tersebut adalah biaya diluar wewenang PLN. Semoga penjelasan saya cukup jelas, apabila ada pertanyaan lagi silakan disampaikan disini lagi. Terima Kasih. :)

  10. joko prasetyo

    salam kenal bang handy nama saya joko domisili d kutai kartanegara kaltim.saya mau tanya total biaya instalasi listrik prabayar yg tlah abang jelasin d atas dngan daya 1300va sebesar rp995.000 sudah tinggal pakai..??saya mau instal listrik dngn daya 1300va d minta biaya 6,5jt u prabayar itu pun tunggu antrian bang bilangnya bulan 9 bru d install berbanding terbalik dngan penjelasan abang mohon saran dan kejelasannya bang handy tolong replay ke email saya.

    • Terima kasih Bapak Joko atas pertanyannya,

      biaya yang saya sebutkan tersebut sebetulnya merupakan biaya Penyambungan Baru, yaitu biaya yang dikenakan oleh PLN kepada calon pelanggan untuk memberikan supply aliran listrik ke lokasi pelanggan atau lebih singkatnya adalah dari tiang terdekat sampai ke meteran di rumah bapak, biaya tersebut diatur di dalam TDL 2010 dan seharusnya sudah menjadi standard biaya nasional.

      Namun pengaliran listrik juga terkadang memerlukan instalasi di rumah bapak dan sertifikasi bahwa instalasi di rumah bapak memang aman untuk dialiri listrik, kedua hal tersebut memerlukan biaya lanjutan tetapi tidak diterima oleh PLN, biaya tersebut berasal dari pihak ketiga dan tanggung jawab PLN hanya sampai dengan meter di rumah bapak.

      Saran saya, hubungi kantor PLN terdekat dan berbicara dengan customer service di kantor tersebut untuk memastikan biaya yang harus bapak bayar, bertanyalah serinci mungkin karena itu adalah hak bapak selaku calon konsumen. Hindari calo yang bisa memasang harga sangat jauh di atas harga yang ditetapkan PLN. Semoga penjelasan saya cukup mudah diterima, terima kasih.

  11. ari windarto

    Salut dg pertanyaan2 yg slalu dijawab dg gamblang.
    Saya juga mau tanya nih…
    Kalo pascabayar kan dikenakan biaya beban/abonemen,sedangkan prabayar/pulsa tidak,berarti PLN prabayar/pulsa lebih murah dari pascabayar,benar nggak sih?

    • Terima kasih atas apresiasi yang diberikan pak, dengan begitu saya jadi lebih semangat lagi untuk membalas pertanyaan-pertanyaan mengenai listrik prabayar ini, hehe..

      Sebenarnya lebih mahal mana Pasca atau kah Pra bayar? dua-duanya sama saja pak, tarifnya diatur secara adil di dalam ketentuan Pemerintah yang tertuang di TDL 2010 sehingga biaya yang Bapak keluarkan bulanannya tidak akan berbeda jauh baik untuk Pascabayar atau Prabayar. Namun memang untuk Pascabayar dikenakan tagihan minimum sebesar 40 Jam Nyala. Jika memang pemakaian bulanan dibawah 40 Jam Nyala tersebut maka menggunakan Listrik Prabayar akan jauh lebih menguntungkan.

  12. Nunung Sumadi

    Mo nanya bang, kalo saya mo pindah ke listrik prabayar tp dg daya yg berbeda apakah bs ? Selama ini saya pake yg pasca byr dg daya 1300 nach rencananya saya mo ganti yg prabayar tp dg daya 900 bisakah

    • Mohon maaf sebelumnya pak karena komentar bapak yang satu ini terlewatkan oleh mata saya..

      Bisa saja pak, silakan membawa bukti pelunasan tagihan listrik terakhir bapak dan fotokopi KTP ke kantor PLN terdekat dan meminta proses Penurunan Daya dan sekaligus penggantian meter menjadi Meter Prabayar.. Biayanya gratis pak.. :)

  13. mau ikutan tanya pak,sy tinggal di bekasi mau tambah daya dari 1300 ke 2200,kira” kena tarif brp ya kl sekalian pindah ke prabayar?kl bs sama rincianna…

    terima kasih sebelumna utk infona…

    • Yth Ibu Juwita..

      untuk layanan PLN di cabang manapun adalah sama biayanya yaitu dengan perincian sebagai berikut:

      Biaya Penyambungan: (2.200 – 1.300 = 900) x 750 = Rp. 675.000
      Biaya Materai: Rp. 3.000
      Stroom Awal atau Pulsa Perdana : minimal Rp. 5.000 dan bisa tergantung yang ibu butuhkan.

      sehingga total tagihannya sebesar Rp. 698.000 apabila membeli stroom awal sebesar Rp. 20.000

  14. ass,,, pak handy nama saya rijal, sya maunanya pak, sya pake listrik biasa daya 450 v sya mau pindah ke listrik prabyar yg 450v jga dikenakan biaya berapa,,,, apa gratis

    trima kasih

    • Yth Bapak Rijal,

      untuk proses mutasi ke listrik prabayar atau LPB tidak dipungut biaya pak, malah saya rekomendasikan bapak sekalian tambah daya ke 1.300 / 2.200 va mumpung lagi gratis sampai dengan 30 Juni 2011. semoga membantu pak.. :)

  15. salam om handy,saya ada masalah neh, pada pertengahan bulan mei saya mendaftar pasang baru listrik prabayar,melalui pemborong bangunan yg bikin rumah saya,lalu mereka menyerahkan kepada karyawan PLN,yg katanya sudah langganan sipemborong,saya diiming imingi bahwa prosesnya cepat dan mudah,ahirnya saya berikan ongkas pasangnya sebesar 2,8juta /220watt

    tapiii…sampai tulisan ini saya buat,belum terpasang juga meterannya,alasan mereka,stock meretan kosong,dan untuk mendapatkan nomor seri nya harus diproses di bandung…

    apakah demikian proses kerjanya???
    kenapa untuk mendapatkan nomer meter harus diproses dibandung???

    saya mohon pejelasannya om,trimakasih..

    • Yth Bapak Opick calon pelanggan baru PLN.. :)

      mengenai proses penyambungan baru yang diserahkan kepada pemborong yang bapak percayakan tersebut alangkah baiknya apabila bapak menanyakan secara detail biaya yang telah bapak keluarkan tersebut digunakan untuk membayar apa saja.. karena untuk biaya penyambungan baru rumah tangga dengan daya 2.200 VA adalah sebesar Rp. 1.650.000 + materai Rp. 6.000 dan + pulsa perdana listrik prabayar minimal Rp. 5.000 sehingga biaya yang dibebankan dari PLN sejumlah total adalah sekitar Rp. 1.661.000.

      Sedangkan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dimana setiap instalasi listrik diwajibkan memiliki SLO (Sertifikat Laik Operasi) yang dikeluarkan oleh badan Konsuil sebelum dialiri listrik biayanya tidak termasuk dalam perhitungan di atas. Begitu juga instalasi listrik rumah bapak yang adalah sepenuhnya wewenang bapak.

      Dasar penyambungan listrik dari PLN ke rumah bapak adalah kuitansi yang menyatakan bahwa telah dilakukan pembayaran tersebut. Apabila sudah dibayar proses penyambungan seharusnya adalah 10 hari kerja atau bahkan lebih cepat. Dalam proses penyambungan tersebut memang harus berkoordinasi dengan data center kami di Bandung untuk melakukan aktivasi nomer meter dan sinkronisasi dengan ID Pelanggan bapak. Namun apabila terlalu lama apalagi sampai satu bulan belum juga tersambung saya himbau bapak mengunjungi kantor PLN tersebut secara pribadi sambil membawa bukti hasil pembayaran yang telah dilakukan oleh bapak.

      semoga jawaban saya bisa memuaskan Bapak Opick, terima kasih.. :)

  16. memang benar gratis, sy ganti jadi prabyar. cuma uang jaminan di konversi jadi bentuk pulsa apkh benar? karena token awal 25 kwh. trus sy isi kembali tidak bertambah.

    prabayar memang murah untuk 450watt dan 1300watt keatas.
    kalo 900 watt tergantung pemakaian. jika dibawah 100 kwh murah prabyar. tapi diatas itu murah pasca bayar.

    kalo bisa ma langsung ke 2200watt aja. karena tarif beda 5 rupiah per kwh dengan 1300 watt.

    • Yth Bapak Eko,

      penggantian meter dari pascabayar ke prabayar otomatis juga mengubah sistem penghitungan pembelian listrik, sehingga pada saat meter bapak diganti menjadi prabayar maka petugas kami akan mencatat posisi stand meter yang telah dicabut tersebut untuk membandingkan selisih penggunaan listrik bapak dari data terakhir rekening terbit. Biaya pemakaian listrik tersebut kemudian akan diperhitungkan dan dibandingkan dengan nilai Rupiah Uang Jaminan Langganan yang dulu pernah bapak bayarkan ke PLN. Apabila ternyata setelah selesai diperhitungkan Uang Jaminan Langganan bapak masih tersisa.. maka dapat dikompensasikan langsung menjadi token listrik yang nantinya harus bapak masukkan kembali ke dalam meter bapak.. :)

      mengenai perbandingan harga antara 1.300 VA dan 2.200 VA memang benar hanya selisih Rp. 5 saja dimana 1.300 VA = Rp. 790 dan 2.200 VA = Rp. 795

  17. Mas Handy,

    Saya berencana menambah daya listrik rumah saya dari 900 VA ke 1,300 VA. Dengan program PLN yg berlaku sampai Juni 2011 ini, biaya penambahan daya akan gratis termasuk biaya administrasi. Biaya materai tetap ditanggung pelanggan, benar kan? Jadi pelanggan akan terima beres dan tidak keluar biaya lainnya?

    Kemudian, listik dirumah saya 900 VA adalah jenis Pasca bayar. Apakah saat akan menaikkan daya ke 1,300 VA jenisnya tetap Pasca bayar atau Pra bayar. Jika ada opsi pilihannya, apakah harus memberitahukan terlebih dahulu atau memang otomatis akan dilakukan perubahan ke Pra bayar? Apakah akan dikenakan biaya box listrik Pra bayar tersebut?

    Mohon penjelasannya terimakasih,
    Vajar

    • Terima kasih sebelumnya Bapak Vajar atas ketertarikannya terhadap program PLN mengenai Tambah Daya Gratis ini.. :)

      mengenai pertanyaan nomer satu (no. 1) memang benar pak.. :)

      untuk pertanyaan nomer dua (no. 2) tergantung dari kebijakan unit masing-masing pak.. usul saya coba ditanyakan langsung ke kantor PLN terdekat bapak dan melakukan tanya jawab dengan customer service disana.. namun apabila diganti menjadi prabayar maka biayanya adalah……… Rp. 0 hehe… dan hanya dikenakan biaya pembelian pulsa perdana untuk mengisi meter bapak yang baru apabila jadi diganti.. :)

  18. Dear Pak Handy,
    melihat banyak pertanyaan diatas mendapatkan jawaban yang cukup memuaskan, maka saya jadi ingin ikut bertanya :)
    Saya mengontrak rumah dengan daya 450 kemudian saya minta yang punya kontrakan untuk menaikan daya dan akhirnya dirubah menjadi 1300 pada hari ini. FYI,saya belum bayar untuk pemakaian bulan mei kemarin karena saya bisa membayar tgl 5-7 tiap bulannya, yang menjdi pertanyaan saya, karena sekarang meter sudah diganti dan listrik juga nyala apakah saya tetap harus melunasi tagihan bulan mei kemudian saya juga beli pulsa (berarti untuk awal bulan ini double), atau saya langsung beli pulsa mengingat meter baru sudah dipasang? Terima kasih

    • Bapak Galih Yth.. dan baru saja menjadi pelanggan PLN dengan Meter Prabayar… :)

      kalau kondisi si rumah bapak yang sekarang sudah terpasang meter prabayar.. bapak tidak usah bingung mengenai tagihan pemakaian sebelumnya.. karena kemungkinan besar tagihan tersebut sudah dikompensasikan dengan UJL yang dulu pernah disetorkan kepada PLN.. segera saja bapak mencatat nomer meter prabayar yang baru terpasang tersebut untuk membeli token listrik demi kelangsungan pasokan listrik di rumah bapak.. :)

      Namun jika masih ragu mohon untuk menghubungi kantor PLN terdekat dengan membawa ID Pelanggan untuk menanyakan hal penagihan ini.. :)
      (mohon maaf saya tidak bisa melihat data penagihan seluruh unit PLN)

  19. Assalmu Alaikum….!
    maaf pak mau menanyakan rincian pembayaran sebenarnya pasang baru prabayar u/ wilayah KUKAR Kal-Tim,cos informasi yg sy terima dari salah satu karyawan PLN disini mematok bayaran 5,5 jt
    Trim’s

    • Boleh saya mengetahui daya yang akan bapak pasang? Perhitungan biaya yang dibebankan oleh PLN menggunakan rumus (jumlah VA) x Rp. 750 untuk daya s/d 2.200, di atas tersebut biaya pengalinya adaah Rp. 775 pak.. Mungkin harga tersebut sudah termasuk instalasi listrik dan Sertifikat Laik Operasi, namun sejatinya PLN hanya sekedar menyalurkan listrik sedangkan pemasangan instalasi listrik dilakukan oleh kontraktor listrik (pihak luar PLN) dan sertifikasi dilakukan oleh Konsuil (pihak luar PLN).

      Lebih baik bapak komunikasikan mengenai rincian biaya tersebut. Semoga membantu.. :)

  20. salam jumpa lagi pak handy,
    setelah menunggu sebulan lebih,ahirnya rumah saya sudah terpasang meteran pra bayar,dengan pulsa awal 25 token.
    setelah lama saya melihat dan mencermati bentuk dan isi meteran tersebut,timbul pertanyaan di benak saya:
    jika pada meteran/ KWH model lama,pada NAME PLATE nya terdapat keterangan bahwa meteran tersebut berjalan pada 900 putaran/ kwh..yg berarti setiap rotor berputar sebanyak 900 kali,maka dihitung sebagai 1 (satu) KWH.

    yg ingin saya tanyakan bagaimana sitem penghitungan yg digunakan oleh meteran pra bayar,dalam menentukan 1 kwh ???
    apakah 900 kedipan lampu ataw bagaimana??? mohon kiranya bapak bisa memberikan penjelasan…terima kasih.

    • Alhamdulillah akhirnya bapak sudah bisa mendapatkan listrik juga.. :)

      mengenai perhitungan kWh meter prabayar lebih mudah pak.. jikalau bapak memandangi meter, ada dua lampu yang digunakan di meter tersebut. Satu lampu yang terus menyala untuk menandakan bahwa meter tersebut menyala dan ada pulsanya, sedangkan yang satunya akan berkedip, setiap kedipan itu lah perhitungan 1 kWh pak.. :)

  21. terang tarigan

    Pak, sy. mau tanya. rumah saya disewakan. rupanya dia nunggak listrik sehingga meteran dicabut PLN. saya ngurus ke PLN pasang baru biayanya 3,5jt rph. tunggakan 2,2 jt (tunggakan sdh benar) ditambah biaya pasang baru 1,3 jt untuk daya 900VA. koq biaya pasang baru yg pra bayar sampai 1,3 jt padahal instalasi masih ada. katanya biaya pasang baru hanya 675.000 rph. mhn penjelasan. apa ada biaya tambahan.(GAN).

    • Seharusnya memang bapak hanya perlu membayar total Rp. 675.000 (Biaya Penyambungan Baru) + Rp. 2.200.000 (tunggakan) = Rp. 2.785.000 saja!

      Saya himbau agar bapak melaksanakan tanya jawab yang secara mendetail di kantor PLN yang dimana Bapak melakukan penyambungan kembali supaya lebih jelas perincian pembayaran tersebut, mohon maaf saya tidak bisa membantu banyak.

  22. Maaf pak … saya pk daya 2200 v, jika pindah prabayar trus diganti daya 1300 v bisa tetap jalan pa gak dgn 1 mesin foto copy dan 10 komputer ??? trims ….. Bpk Ito …

    • Untuk perhitungan saya Bapak tidak bisa menyalakan semuanya sekaligus terutama 10 komputer sekaligus, apalagi ditambah dengan mesin fotokopi. Perhitungan kasar saya bapak dengan daya 1.300 VA hanya mampu menyalakan 3 komputer apabila masing-masing power supply komputer tersebut adalah 400 watt per komputer dan berjalan maksimal. Saya rekomendasikan bapak untuk menggunakan daya 4.400 VA dengan MCB terpasang 20 A

  23. Pak PLN, saya yg baru pertama kali mengisi pulsa Listrik Prabaya, saya mau tanya berpa pulsa yang pertama kali di berikan kepada pelanggan? dan di dalam angka dijit yang tertera pada meteran Prabayar terdapat hanya 4 ( empat ) dijit, Misal : 29.21 berapakah nilai sebenarnya?, soalnya saya sempet bingung, karna kalau dalam Rupiah kan kita kenal Ribuan, Ratusan, Puluhan dan Satuan Bagaimana dengan tulisan 29.21 ini? berapa nilainya…??? apakah 29 = Rp. 29.000,-? Trus 21=Rp.21,- gitu, Ketika saya mengisi kali pertama Rp.20.000,- Trus ketika nomor saya masukan dan berubah menjadi 50.81( kalau tidak salah lihat soalnya lupa ) Apakah benar..??? apakah itu nilainya yg 50.81 itu = Rp.50.810,-…? Mohon penjelasanya agar tidak bingung. Terima kasih atas jawabannya.

    • Yth Bapak Dedi yang budiman,

      tidak seperti operator seluler yang menggunakan Rupiah sebagai satuan perhitungannya maka di Listrik prabayar yang digunakan adalah satuan kWh sehingga rupiah yang bapak beli akan dikonversikan menjadi kWh dengan tarif yang berbeda tergantung dari golongan tarifnya dan daya langganannya. Misal daya tersambung di rumah bapak adalah 1.300 VA dan Bapak membeli token sebesar Rp. 20.000 maka jumlah kWh yang Bapak adalah sekitar 29,21 kWh bukan Rp. 20.000 atau 20.000 dan untuk 29.21 yg bapak peroleh itu tidak sama dengan Rp. 29.210.

  24. Assalamualaikum,
    Pak di daerah saya di Lampung Tengah saat ini sedang berlangsung peralihan pelanggan listrik dari Koperasi Listrik Pedasaan Ke PLN. Menurut PLN semua akan menggunakan sistem voucher/token. Saya tertarik pengen buka loket yang jual voucher. Pertanyaannya, bolehkan saya menjual token dari PLN misalnya yang harga 20.000 saya jual ke masyarakat Rp. 22.000., token seharga Rp. 50.000 saya jual Rp. 52.000, token harga 100.000 saya jual 102.000 dst. jadi saya ambil tambahan Rp. 2000 setiap transaksi diluar yang diberikan agen Rp. 800. Mengingat, terlalu minim pendapatan kalo cuma ambil untuk fee dari bank saja?

    • Hal yang bapak paparkan diatas adalah wewenang dari sisi Bapak Isa sendiri, apabila pembeli merasa tidak keberatan dengan biaya tersebut maka silahkan. PLN tidak menerima uang dari Biaya Administrasi, hanya penjualan kWh saja.

  25. Malam Pk. handy
    Untuk prabayar 900 VA, 1300 VA dan 2200VA kira2 ada abondemenya tidak za pk. Kami di rumah baru memakai prabayar 22oo VA, tgl 27 Juni kemarin tiba-tiba listrik dirumah mati karena pertma kalinya pakai prabayar langsung saya isi pulsa 100rb. tapi perhari ini tanggal 30 juni di meter prabayar tertulis 94o7(9000 sekian lupa tepatnya) apa artinya pulsa saya tinggal Rp.9000 za pk? kok bs cepat sekali. Atas bantuan informasinya terimakasi.

    • Selamat malam juga ibu Maya.. :)

      Terima kasih sebelumnya telah memilih menggunakan Listrik Prabayar, layanan terbaru dari PLN dan dapat saya informasikan bahwa pulsa listrik ibu yang bernilai Rp. 100.000 itu akan dikonversikan menjadi satuan kWh, yaitu satuan pengukuran penggunaan listrik. Dengan Rp. 100.000 dan daya 2.200 VA maka Bu Maya akan mendapatkan sebesar kurang lebih 125,79 kWh.

      Tulisan yang muncul di meter ibu dengan angka 9407 lebih tepatnya menunjukkan angka 94,07 kWh dan jika dirupiahkan nilainya sekitar Rp. 75.000 dan penggunaan Ibu dari pembelian awal sampai dengan posisi 30 Juni 2011 adalah 31,72 kWh.

      Saran saya supaya tidak mudah habis hendaknya mematikan AC disaat tidak diperlukan atau ruangan cukup dingin, mematikan TV jika tidak dilihat, menggunakan komputer desktop secukupnya dan menggunakan dispenser air secukupnya.. karena beberapa peralatan tersebut memakan energi yang cukup besar.

  26. Bang Handy, stelah membaca di atas sy jg tertarik, sy dari Lombok dan sekarang sdh mulai di berlakukan listrik prabayar, sy mau tanya kalo biaya penambahan tegangan dari 450 ke 900 kira2 biaya nya jadi berapa, itu untuk listrik prabayar

    • Untuk biaya resmi yang adalah Rp. 337.500 belum termasuk strom atau pulsa perdana untuk Listrik Prabayar. Silakan menghubungi kantor PLN terdekat bapak.. :)

  27. Pak Handy, saya punya rumah yang tidak ditempati dan selama ini menyebalkan harus membayar tagihan listrik yang cukup besar, kalo saya konversi ke listrik prabayar kira2 berapa lama prosesnya? berhubung di rumah tidak ada orang jadi kemungkinan bisa hanya hari sabtu, apakah hari sabtu bisa diproses? terimakasih

    • Yth Bapak Andri,

      Pilihan yang tepat pak untuk bermigrasi ke Listrik Prabayar, dan nantinya bapak tidak usah pusing-pusing lagi dengan masalah tagihan listrik di rumah yang tidak Bapak tinggali, hehe.. untuk proses lebih lanjutnya pak harus berkoordinasi dengan unit PLN yang dimana rumah Bapak adalah pelanggannya. Kemudian jelaskan semua cerita Bapak tersebut dan insyaAllah unit PLn tersebut bisa mengakomodir keinginan Bapak yang hanya bisa ditemui di hari Sabtu. Silahkan berkunjung ke unit PLN terdekat pak, atau jika tidak bisa bisa minta tolong ke Call Center kami di 123

  28. Mas Handy,
    sebenarnya saya tertarik untuk menggunakan listrik prabayar karena melihat berbagai kemudahan dan kelebihannya. Tapi dengan adanya comment2 lain yang menyebut listrik pasca bayar lebih menguntungkan daripada listrik prabayar, saya pun menjadi bingung apakah jadi pindah ke prabayar atau tidak. menurut mas handy listrik prabayar dan pascabayar itu mana yang menguntungkan baik dari segi biaya dan lainnya?

    terimakasih

    • Setelah saya sendiri juga menggunakan layanan Listrik Prabayar ini saya merasa bahwa Listrik Prabayar dengan menggunakan meter yang lebih canggih ini lebih menguntungkan bagi saya sendiri, kenapa? karena informasi yang disediakan cukup banyak, mulai dari kualitas tegangan saat ini berapa, beban saat ini berapa, rata-rata pemakaian per hari, dsb dan saya juga tidak perlu was-was mengenai tagihan saya apabila petugas PLN bagian catat meter tidak dapat mengecek meter saya secara langsung. Sekarang saya juga lebih disiplin untuk melihat sisa kWh saya.. hehehe..

      Untuk masalah harga antara listrik pascabayar atau prabayar sudah diatur agar seadil mungkin untuk daya dibawah 1.300 VA, namun di atas 1.300 VA menggunakan tarif yang sama antara pascabayar dan prabayar. Kalau saya sendiri merasa lebih menguntungkan Listrik Prabayar.. dan tampilannya juga lebih keren daripada tipe pascabayar, hehe..

  29. pak Handy, sy ingin tanya. listrik prabayar itu bisa 3phase ga? listrik prabayar itu cocok ga dipake untuk industri rumah tangga? kami usaha na roti jadi mesin yg akan di gunakan itu rata2 3phase sedangkan listrik di rumah masi yg biasa ( 1phase ) kalo mao nambah daya hingga 10.000, biaya na brapa yach? mohon bantuan na. tks

    • Ohh tentu ada.. untuk daya yang anda butuhkan bisa mengajukan tambah daya 10.600 VA atau 13.200 VA apabila terasa terlalu pas-pasan.. untuk masalah biaya bisa menggunakan rumus sederhana ini..

      (VA daya baru – VA daya lama) x Rp. 775

      contoh:
      Daya lama anda saat ini adalah 2.200 VA
      Anda ingin tambah daya ke 10.600 VA
      sehingga biaya Tambah Daya adalah

      (10.600 – 2200) x 775
      8.400 x 775 = Rp. 6.510.000

      harga di atas belum termasuk biaya materai dan pulsa perdana

  30. Dear Mas Handy,Mohon penjelasannya mengenai SLO (Sertifikat layak Operasi).apakah dalam pemasangan PLN ada kewajiban yang harus kita bayar kepada biro yaitu pembayaran SLO sebesar 1.500.000 ?
    jika kita tidak membayar SLO ke biro makan PLN tidak akan dipasang.
    Apakah bener seperti itu mas handy?
    Terima kasih atas penjelasannya.

    • Yth Ibu Rika,

      Mengenai kewajiban pembayaran SLO hal tersebut sudah berada di luar wewenang PLN, kuasa untuk pengeluaran SLO ada di pihak Konsuil sebagai lembaga independen yang mensertifikasi kelaikan instalasi listrik di rumah ibu. Sebelumnya PLN selalu menunggu supaya calon pelanggan melengkapi dulu SLO sebelum dilakukan penyambungan, namun seringkali hal ini mengakibatkan pelayanan kepada calon pelanggan menjadi sangat lama. Petunjuk yang ada di unit sekarang adalah penyambungan tetap dilaksanakan sambil berjalan dalam pengurusan SLO, apabila SLO belum ada namun pelanggan ingin menyala hal tersebut akan menjadi resiko dari pihak calon pelanggan.

      Biaya dari SLO tersebut juga tergantung dari pihak Konsuil, kalau tidak salah biaya yang dikenakan juga melibatkan berapa banyak titik lampu yang akan terpasang di instalasi rumah Ibu. Mohon kiranya untuk menanyakan lebih jelas ke pihak Konsuil.

  31. Bp.Handy, saya mau tanya, 3 minggu lalu saya melalui teman saya melakukan Registrasi sekitar 3 minggu lalu ke PLN Lenteng Agung Jakarta untuk daya 900 VA, menurutnya proses pemasangan 10 hari, tp sampe hari blm ad kabar jg. Kira2 berapa lama kh prosesnya smpe pemasangan? Fyi, sy sudah bayar 1,5 juta n sudah mendapatkan kwitansinya,

    • Ada kemungkinan bahwa stok untuk meter prabayar sedang dalam kondisi kosong, dan proses pengadaannya berjalan lambat. Mohon maaf sebelumnya apabila masih belum dapat disambung, namun saya sarankan untuk tetap berkomunikasi dengan unit PLN dimana anda melakukan permintaan.

  32. pah handi sy mau tanya , listrik saya pasca bayar dengan daya 2200,
    rencana saya ingin pindah ke prabayar tapi daya ingin saya turunkan menjadi 900va,yang ingin saya tanyakan apakah menurunkan daya kena biaya lagi pak?
    thx

    • Proses untuk turun daya tidak dikenakan biaya pak, hanya saja nanti Bapak harus membayar biaya pulsa perdana untuk listrik prabayar Bapak. Proses perubahan ke Listrik Prabayar sekaligus Turun Daya tidak dikenakan biaya.

  33. Pak Handy, saya ngontrak 1/3 dari bangunan induk, selama ini listrik jadi satu dengan bangunan induk. Apakah bisa saya pasang listrik prabayar dirumah tersebut untuk bagian yang saya tempati. Adapun KTP saya tidak beralamat sama, apakah KTP pemasang harus sama dengan lokasi pasang (daerah Cipinang Muara – Jatinegara). Ada instalatir yang bilang pasang baru 1,8 juta…apa benar pak, padahal saya cuma butuh 1300 wat saja. Trimakasih.

    • Apabila Bapak bukan pemilik rumah tersebut maka haruslah melakukan kontak ke pemilik tersebut untuk melakukan prosesnya, dan mungkin memang memerlukan bantuan dari pihak instalatir untuk pengurusan instalasi listriknya sehingga biaya yang disebutkan diatas bukan hanya untuk penyambungan listrik dari PLN saja.

  34. pak handi saya sdh pasanglistriik prabayar 900va kalau mau dirubah ke 1300 Va , itu bagaimana caranya pak. trims

    • Langsung saja ke kantor PLN pak untuk melakukan tambah daya, atau bisa menggunakan Call Center 123, siapkan ID Pelanggan Bapak terlebih dahulu

  35. selamat siang pak …
    kemarin ada yang nawarin sambungan listrik pra bayar (kontraktor listrik) dengan biaya sebesar 3.750.000,-. daerah saya di Bulukumba Sulawesi Selatan. apakah memang seperti itu pak biaya sambungannya … gambar sudah ada … tinggal biaya penyambungan aja … tolong jawabannya pak … untuk pengaduan hal yang seperti ini harus kemana pak?

    • Boleh saya tahu Bapak Arie Hamzah untuk daya yang bapak ajukan berapa? jika memang instalasi sudah ada seharusnya Biaya Penyambungan yang dikenakan sesuai dengan tabel yang saya paparkan di postingan ini.. Semoga membantu.. :)

  36. mau tanya…
    Apa memang suatu keharusan pelanggan PLN pasca bayar beralih ke listrik prabayar…soalnya beberapa hari kmarin pihak PLN nagan raya (NAD) mendatangi tiap rumah dan mendata untuk peralihan ke prabayar..dan sudah keharusan katanya tanpa ada pilihan tetap d pasca bayar….mohon d bls juga ke email saya…trims

    • Yth Bapak Romi,

      kami di PLN ditarget dalam hal sosialisasi ini, semakin banyak pelanggan yang beralih ke prabayar maka semakin meningkat pula kinerja unit tersebut terutama di bagian penjualan. Hal tersebut kebijakan dari masing-masing unit. Semoga cukup jelas.. terima kasih.. :)

  37. mohon penjelasan tentang, kenapa Pt PLN tidak mematok harga pemasangan kepada oknum2 atau calo2 PLN.
    Kan kasian pak bagi yg pasang baru dan g tau dimana dan kemana nyari info kecuali sama oknum2 yg ada di sekitar. Mohon di pertimbangkan dan di diskusikan kepada pihak pihak terkait. Thx

    • Pelayanan kelistrikan seharusnya dilaksanakan langsung di kantor PLN terdekat.. namun apabila calo tersebut menawarkan jasanya dalam hal pengurusan layanan kelistrikan tersebut maka kami di sisi perusahaan tidak bisa membatasi jasa tersebut, hanya saja kami mencoba untuk mengurangi penggunaan jasa-jasa tersebut dengan menyadarkan pelanggan bahwa biaya pelayanan listrik yang sebenarnya tidaklah semahal itu. Semoga membantu.. :)

  38. Pak Handy yth, saya ingin memasang pra bayar untuk kontrakan, saya coba untuk menelepon 123 koq susah sekali dan juga no tel PLN bekasi yang saya tanyakan ke penerangan. tidak ada yang mengangkat dan telepon belum tersambung.
    Berapa lama untuk pemasangan baru tersebut ?
    terima kasih

    • Yth Ibu Linda,,,

      standar pelayanan kami adalah 10 hari kerja, untuk melakukan telepon ke 123 kami rekomendasikan menggunakan telepon rumah atau menggunakan 022-123 melalui handphone. Apabila ibu ingin menelpon langsung ke PLN Bekasi kami rekomendasikan untuk menelpon pada hari kerja.

  39. saya mau pasang listrik prabayar sekarang dengan daya 450 tapi pas saya ke pln tepat nya di bandung selatan majalaya pihak pln berkata anda harus melunasi biyaya administrasi nya sebesar 750000 apa betul mas trus masa pihak pln berkata listrik di rumah saya baru akan di pasang dan nyala sebulan kemudian apa ga salah tuh pln gue di sini beli bukan nyuri masa pelayanan pihak pln ko begitu

  40. pak saya mau bertanya. kontrakan saya menggunakan listrik pasca bayar 900va, mau diturunkan menjadi 450va. yang jadi pertanyaannya cukup tidak daya 450va di rumah saya. di rumah saya menggunakan sanyo air. kemudian bagaimana cara mengganti ke prabayar? gratis atau tidak?

    • Yth Bapak Farhat,

      biaya penurunan daya maupun peralihan ke Prabayar adalah gratis. Mengenai penggunaan listrik dengan pompa air yang cukup memakan banyak listrik maka kami sarankan bapak untuk tambah daya ke 1.300 atau 2.200 VA karena saat ini (s/d Desember 2011) Tambah Daya dari 900 va ke 1.300/2.200 VA gratis dan tidak perlu khawatir jepret saat menyalakan pompa air. Semoga membantu.. :)

  41. pak hendi apakah besar kecil nya sisa plz listrik mempengaruhi daya listrik itu sendiri gak,,,,?apakah saya harus tambah lg isi plz nya spaya mendapatkan daya listrik maksimal yg saya pasang,sblmnya terimakasih,,,,

    • Anda tidak perlu khawatir Pak, meski dengan sisa kwh listrik yang tinggal sedikit daya yang bapak langgan masih bisa dipakai sepenuhnya. Misal daya bapak sekarang 1.300 VA kemudian pulsa kwh listrik tinggal sedikit maka daya yang bisa Bapak pakai sepenuhnya 1.300 VA atau 6 A.

  42. Pak saya dari daerah bekasi. apakah masih ada pemasangan listrik yang bukan pra bayar? listrik seperti dahulu. kalau ada berapa biaya pemasanganya untuk daya 900 wat? mohon sekiranya di sms ke hp saya 02196896599 Asep. Trmksh

    • Silahkan mendatangi kantor PLN terdekat pak atau menelpon 123 untuk ketersediaan layanan tersebut. untuk biaya Penyambungan Baru daya 900 VA baik Prabayar maupun PascaBayar sama biayanya yaitu Rp. 675.000. Semoga membantu..

  43. Gan ijin copy paste artikelnya untuk saya pasang di Blog Saya, agar banyak masyarakat yang juga tahu dengan peraturan PLN yang baru ini.

  44. Dear Bapak-bapak pengguna PLN pra bayar,

    Saya membeli voucher melalui ATM BCA.

    1. Biaya administrasi 2500.
    2. Ada 10% ppn!!!. (Bagi yang pernah membeli lewat ATM, silahkan dicek slipnya. Pasti kwhnya terpotong)
    Dalam setiap sosialisasi, kok PLN tidak pernah menyebutkan hal ini ya. Tidak ada abodemen tapi ya tarifnya 10% lebih mahal berarti.

    Ataukah saya yang tidak mengerti sistem perhitungannya ya.

    • Boleh saya tahu daya langgan bapak berapa sebelumnya?

      Mungkin yang bapak maksud di situ adalah PPJ (Pajak Penerangan Jalan) yaitu pajak yang dipungut oleh PLN untuk kemudian disetorkan ke Pemda setempat. Jumlah potongan tersebut bervariasi masing-masing Pemda. PPJ selalu ada pembelian tenaga listrik, Prabayar maupun rekening Pasca Bayar juga mengandung komponen PPJ di dalam rekening tagihannya. Semoga membantu.. :)

  45. salam sejahtera..
    pak listrik saya pra bayar.900wt..yg saya gunakan haya4 buah lampu masing-masing berdaya 15wt,1 buah kulkas,1 buah tv,1 buah magicjar.yg saya tanyakan,berapa yg harus saya keluarkan untukm membeli pulsa dalam 1 bulan..(pemakaian 24 jam).

    • Kalau saya melakukan perhitungan secara kasar, penggunaan bapak hampir mendekati daya kontrak (hitungan kasar saya 6/10 dari daya kontrak, mohon maaf saya tidak bisa tahu persis) yang mana rentan jepret di rumah Bapak, mungkin Bapak bisa melakukan tambah daya ke 1.300/2.200 dari 900 VA karena saat ini masih gratis. Namun untuk jumlah token yg harus disiapkan dalam sebulan perhitungan saya kurang lebih sekitar 390 kWh atau jika di rupiahkan sekitar Rp. 308.100/bulan

  46. Dear Pak Handy,
    Ikut nimbrung ya (mumpung lagi banyak pertanyaan nie ^_^) ,saya tinggal di Duri Riau, kantor PLN nya masuk ke cabang Kantor Dumai
    Rumah baru saya awalnya menggunakan istrik prabayar dgn daya 900VA, ternyata saya kerepotan sekali dan 1 bulan yang lalu saya mengajukan kenaikan daya menjadi 2.200VA (gratis), tp baru dproses lebih lanjut hari ini krn saya komplain (sudah 1 bulan belum ada tindakan), dan token yg dijanjikan juga baru datang 2-3 hari lagi, alasan PLN krn token didatangkan dari kantor Pusat Jakarta.
    1. Apakah benar proses naik daya untuk daerah di luar Jakarta membutuhkan waktu hampir 1 bulan ?
    2. Apakah benar token tersebut didatangkan dari Jakarta, bukan dari kantor Cabang Dumai?
    3. Untuk pemakaian sebelumnya di meteran masih tersisa 130 KWH, apakah nanti setelah digantikan ke 2.200VA sisa KWH tersebut hilang atau diakumulasikan dgn KWH baru.
    Terima kasihh sebelumnya pak

    • Terima kasih atas pertanyaannya bu..
      saya akan mencoba menjawab pertanyaan Ibu satu per-satu..

      1. Tidak benar, namun memang tergantung kinerja masing-masing unit tersebut. Bisa saja unit tersebut kekurangan material.
      2. Sejauh yang kami alami di Jawa Barat masing-masing unit memiliki alat untuk membuat token, namun saya juga tidak bisa menjamin yang dilakukan di Dumai tersebut salah.
      3. Tidak, jumlah kwh bersifat kumulatif. Perubahan daya tidak mempengaruhi simpanan kwh di dalam meter. Pantau secara langsung apabila ada penggantian bu supaya menghindari kejadian hilang kwh yg tersimpan tersebut.

      Semoga membantu.. :)

  47. Pak Handy ikut nanya ya…
    Saya baru saja menempati rumah baru (2nd) mulai awal bulan juni 2011.
    Hari ini saya mendapat masalah dengan meteran listrik di rumah, karena yang tertulis di struk pembayaran listrik daya listrik 1300 watt, tp ternyata di saklar yg terpasang di meteran (apa namanya itu?) tertulis 10A yg seharusnya itu untuk daya 2200 watt.
    Besok senin saya diundang untuk datang ke pln.
    Kira2 apa saja yang diminta oleh PLN dan apakah nanti ada tunggakan2 dan denda yang harus saya bayar karena pelanggaran itu… Ataukah itu menjadi kewajiban pemilik rumah yang lama?
    Mohon saran dan bimbingannya.
    Saya di surabaya.
    Thanks

    • Bapak Yusuf Yth..

      kondisi tersebut bisa dikategorikan sebagai pelanggaran pemakaian tenaga listrik dan seharusnya menjadi beban dari pemilik rumah tersebut sebagai pemilik yang sah.

      Nanti bapak akan dikenakan sebuah tagihan susulan yang harus dibayarkan supaya hal tersebut bisa diselesaikan, namun pastikan terlebih dahulu pada saat bapak mulai mengisi rumah tersebut segel meter lengkap dan tidak hilang. untuk perhitungan denda tersebut apabila masih di dalam kategori yang sama yaitu P1 (Mempengaruhi batas daya namun tidak mempengaruhi pengukuran energi) adalah sebagai berikut:

      6 x 2 (1,3 x 41.080 (Rekening Minimum)) = Rp. 640.848, kurang lebih seperti itu pak.

      Semoga membantu.. :)

  48. pak, saya mau tanya. tambah daya dari 1300 watt jadi 2200 watt kena berapa ya? lalu biaya per kwh cuma selisih 5 rupiah kan antara 1300 watt dan 2200 watt? jadi perbulan saya tidak akan mengalami kenaikan pembayaran yang siknifikan dong? terima kasih

    • Biaya untuk tambah daya dari 1300 ke 2200 adalah Rp. 675.000 bu, dan iya untuk tarif rumah tangga antara kedua daya tsb bedanya Rp. 5

      Apabila penggunaan bulanan hanya berubah sedikit kemungkinan besar pemakaian listrik tidak terlalu besar.

      Demikian semoga membantu

  49. Selamat pagi pak,
    saya mau tanya, saya mempunyai 2 rumah kontrakan dan saya pasang 1 buah meter pra bayar. yang jadi pertanyaan saya :
    1. agar adil antara penghuni yang satu dengan yang lainya, adakah alat yg dapat mengukur pemakaian masing-masing rumah tersebut.
    2. kalau ada harganya kira-kira berapa dan dimana saya bisa mendapatkanya.
    terima kasih atas jawabanya.

    • Untuk alat yang seperti itu saya kurang tahu. Namun bisa saja disiasati dengan melakukan pasang baru listrik lagi sehingga masing-masing rumah kontrakan dpt terukur langsung pemakaian energynya. Apabila menggunakan Listrik Pra Bayar maka kewajiban ttg penggunaan listrik bisa diserahkan kepada masing-masing penghuni rumah kontrakan.

  50. Mau nanya. Listrik saya pasca bayar 450 watt. Jika mi grasi ke 900. Jd prabayar apa kna biaya? Jk kna brapa?

  51. izin konsultai pak handi
    saya sudah 4 bulan berlangganan listrik prabayar pln dan selama itu tidak ada masalah. namun pada bulan ke-5 ini baru ada masalah. ketika saya tinggalkan mudik ke kampung di meteran tertulis 30.30 dak ketika pulang lagi tersisa 21.20 setelah satu hari pemakaian tersisa 18.00 namun tiba2 listrik berikut meterannya mati. padahal alat listrik tidak banyak kami pakai waktu itu. saya tidak tahu kenapa, kalaupun habis pasti tertera angka 0 dan lampu pada meteran juga pasti tetap menyala dan tombol2 angka jg bisa di tekan untuk isi ulang, tapi tidak juga. kira2 kenapa ya pak? dan bagaimana solusinya? mohon taggapannya segera. mengingat di rumah masih ada bayi. dan kalau tidak keberatan mhn jawabannya di kirim pula via e mail ke : ucinglucu@yahoo.co.id.
    terimakasih atas jawabannya

    • Mohon maaf sebelumnya karena saya tidak selalu dengan cepat bisa membalas komentar-komentar..

      Namun dari cerita yg Ibu di atas kemungkinan ada gangguan pada kwh meternya, apabila ada kondisi seperti ini silakan langsung menghubungi call-center 123 untuk melaporkan gangguan tersebut.

  52. dear pak handy
    mau nanya ne saya kan rumah baru jadi masuk kan listrik yang prabayar 900 va…. masukkan meteran baru yang prabayar diatas kan cuman
    Rp 975.ooo ribu ,,, tapi di medan diminta seharga,,Rp 1.800.000
    pak tolong yang benar masang baru yang mana ne,,,,
    terimakasih ,,,,

    • Pada saat proses Penyambungan Baru untuk listrik di rumah Bapak biaya yang dikenakan untuk sisi PLN hanya Rp. 975.000 namun untuk biaya lainnya seperti instalasi dan SLO tidak termasuk tanggung jawab dari PLN dan menjadi kewajiban pihak selain PLN.

      Untuk kejelasan harga saya sarankan untuk bertanya lebih detail untuk biaya-biaya tersebut. Semoga membantu..

  53. pak Handy saya mau tanya saya sudah menggunakan listrik yg baru (dgn token) tetapi setiap ada pemadaman dari PLN saklar meterannya ikut turun dan jika PLN telah menaktifkan kembali listriknya maka saya harus menaikkan saklar meteran tersebut.
    Mohon penjelasannya pak apakah ada settingan tertentu yg harus saya/PLN, jika ya bagaimana caranya?

  54. maw tanya..
    saya sebelumnya menggunakan listrik pra bayar. tiga bulan saya tidak bayar tiba2 di putus. dan yang saya maw tanyakan
    1.apakah PLN selalu memutuskan sambungan tanpa pemberitahuan?
    2.apa prosedur untuk pemasangan kembali?
    3.apakah di kenakan biaya?
    4.apa masih bisa menggunakan meteran?
    minta penjelasan

    • Yth Ibu Luci

      1. Sebelum melakukan pemutusan kami selalu memberikan pemberitahuan terlebih dahulu
      2. Prosedurnya sama dengan penyambungan baru namun dikenakan tunggakan yang belum terbayar pada saat dibongkar
      3. sudah saya jelaskan di poin 2
      4. Masih menggunakan meter.

      untuk menghindari kejadian serupa saya sarankan untuk beralih ke listrik prabayar. semoga membantu.

  55. Sekalian tanya juga, Kalau dari pascabayar ke prabayar sekaligus nambah daya (1300VA > 2200VA) Apa tetap geratis?(wilayah Jakarta) kalau prabayar mau tambah daya dari 1300VA > 2200VA berapa biayanya?(Wilayah Jawa Tengah).
    Thx b4

    • Yth Bapak Andy,

      untuk tambah daya dari 1300 ke 2200 saat ini tidak digratiskan, biayanya adalah Rp. 675.000 di wilayah manapun, yang gratis adalah biaya perubahan dari pasca ke prabayar. Semoga membantu.

  56. sore pak, saya joko mau tanya,, kemaren saya baru mendaftarkan pemasangan listrik prabayar yg 900 V.a. dikenakan biaya 700rb-an. tp kemudian dari pihak PLN di suruh ke konsuil, karena bila tidak ada SLO tidak akan ada penyambungan, dan ternyata di konsui saya dikenakan biaya 814.000 untuk 2 pintu kontrakan,,, yg saya tanyakan, apakah SLO dari konsuil itu wajib atau tidak..?? soalnya pihak PLN bilang wajib, sedangkan banyak penyambungan baru di daerah saya tanpa SLO, saya tinggal di daerah pamulang timur..

    • Yth Bapak Joko,

      SLO sebenarnya diwajibkan untuk setiap instalasi baru yang akan dialiri tenaga listrik, hal ini untuk memastikan bahwa instalasi aman dan tidak menimbulkan korsleting yang dapat memicu kebakaran. Pelayanan tersebut diluar dari pelayanan PLN, semoga membantu.

  57. Pak handy,rumah sy dlu kosong,tiba2 listrik kami dptus dg alasan pencurian listrik,dg bukti bkas lobang diatas spido meter.pdhal km sama skali tdk tau menau.Dulu listrk it ats nama bpk sy dg dya 900.kami dikenakan denda sktar 2jtan.tp kmi tdk byar,akrnya diputus.
    Yang mau sy tanyakan,,
    1.bskah sy pasang bru lg atas nama ganti sy!
    2.sy sudh cr info,untk daya 900,biaya ke PLN 675rbu.apakah bs sy pasang bru tanpa memasang instalatir,krn instalatir sudah ada.

    Mohn maaf bnyk sekali yg sy tnyak.smga bpk berkenan menjawab lewat email sy.terima kasih

    • Saya mencoba menjawab pertanyaan:

      1. Bisa, pada saat melakukan penyambungan kembali mintalah kepada petugas untuk sekaligus balik nama, jangan lupa membawa fotokopi sertifikat atau bukti PBB.
      2. Bisa dan itu bisa ibu minta langsung di kantor PLN terdekat.

      semoga membantu

  58. Maaf pak ada info yg tertinggal.sy bertempat diPONOROGO.pelayanan info sangat amat tidak memuaskan.disitu kami tidak dilayani,malah langsung disuruh untk mencari CV sendiri,dg biaya pemasangan 1,8jt

  59. Dear : Pa Handy Klo listrik Pra bayar ( token ) tambah daya dari 1300 watt ke 2200 watt berapa ya biayanya? Pak balasnya ke email sy aja Ya pak : h.suyatnosh@yahoo.co.id atas informasinya Trim’s

  60. kang handy…
    kmarin kan saya udah pasang prabayar tu…tapi kenapa ya klo jam 6 malam tiba2 dia mati dan kadang2 nyalanya nanti pas jam 11 malam dan d hari2 seterusnya juga sprti tu……
    knapa ya..?????

    • Yth Bapak Hendry,

      jika memang pulsa di meter Bapak masih banyak dan pemakaian listrik tidak melampaui batas langganan Bapak maka bisa saja ada masalah di meter atau bahkan instalasi di rumah Anda. Silakan hubungi Call Center PLN 123

  61. Salam pak handy,
    Saya mau tny, sy br saja migrasi dr 900 ke 2200. Saya bandingkan tagihan bulan lalu ketika msh 900, pemakaian sy 303kwh, dgn totalvtagihan 166.433. Dan bulan ini ketika sdh 2200, pemakaian sy 321kwh, dg tagihan 255.195. Hanya dg perbedaan pemakaian 18kwh,memang jauh begitu ya pak bedanya?
    Trmksh…

    • Yth Bapak Budi, terima kasih sudah melakukan migrasi dari 900 ke 2.200.

      Perlu Bapak ketahui bahwa dengan daya 2.200 VA maka Bapak telah berpartisipasi dalam mengurangi subsidi negara di bidang listrik dengan membayar harga listrik per kwh Rp. 795 sedangkan dengan daya hanya 900 VA maka listrik yang Bapak gunakan mendapatkan subsidi lebih besar sehingga mempunyai harga yang lebih rendah.

  62. mau tanya pak handy, listrik dirumah kami 900 va, biaya pemakaian perbulan bisa sampai Rp.250.000 kadang bisa naik ke Rp.290.000, yang mau saya tanyakan apakah dengan mengganti ke 1300 Va lebih irit, kira-kira untuk pemakaian tv, setrika, magic com, kulkas, dispenser, komputer, water pump, lampu rata-rata 15 watt,.. apa perlu membayar SLO (Sertifikat layak Operasi)karena listrik terebut berubah menjadi pra bayar.

    • oh ya pak tambahan, lampu kira-kira ada 11 buah, mesin cuci, kipas angin yg dinyalakan ada 4 hampir setiap jam nyala, kulkas , dispenser, magic com nyala terus. kira-kira dengan 1300 va pra bayar apakah lebih irit dari 900 va pasca bayar. berapa biayanya penggantian dari 900 menjadi 1300? dan juga minta pendapatnya, berapa token yang harus kami beli setiap bulannya dengan pemakain alat-alat rumah tangga diatas, jika pengecekan kwh dilakukan pada setiap awal bulan, terimakasih banyak pak handy….

      • Saya sarankan untuk menyiapkan token kurang lebih Rp. 320.000 namun lebih bijak dalam menggunakan listrik akan sangat mempengaruhi jumlah token yang harus Bapak beli.

    • Terima kasih Bapak Tarom atas pertanyaannya..

      Perlu saya sampaikan bahwa dengan daya tersambung lebih besar maka lebih kecil subsidi yang dikeluarkan oleh Pemerintah dalam mensubsidi energi listrik sehingga akan terjadi sedikit peningkatan tagihan meskipun pemakaian kurang lebih sama. Saya sarankan agar Bapak menggunakan listrik secukupnya dan tidak membiarkan peralatan menyala namun tidak digunakan.

      SLO tidak diperlukan lagi, karena SLO adalah untuk instalasi, bukan meter.

  63. dear pak Handy,
    Mohon informasi,
    Kalau untuk Medan, daerah Medan Baru, pasang baru prabayar dengan daya 2200 watt biayanya berapa pak?
    Terimakasih…

    • Biayanya adalah Rp. 1.738.000 untuk biaya penyambungan, belum termasuk Biaya token perdana untuk pemakaian listrik anda.

      Selain Biaya Penyambungan, Biaya Token Perdana dan Materai adalah diluar pihak PLN.

  64. cek pulsa/sisa kwh gimana ya mas? step by step ya

  65. Dear Pak Handy,

    pak mau tanya untuk tambah daya dari 13.200 kva mau di naikan menjadi 16.500 kva berapa yah biayanya ?
    terima kasih sebelumnya.

    • Yth Bapak Rio,

      biayanya adalah 16.500 – 13.200 = 3.300 x 775 = Rp. 2.557.500, silahkan menghubungi kantor PLN terdekat atau gunakan call center PLN 123

  66. Mau tanya pak, listrik saya mati, pada layar kwh ada tulisan “CALL” dan 13.39. kedua lampu led juga mati

  67. pak hady mau tanya biaya pemasangan listrik prabayar 1300 VA di Bandung..apa biayanya sebesar Rp.995.000(sudah termasuk pulsa Rp.20.000) apa ada biaya tambahan lainnya ga..?terus kalau untuk yg pemasangan 900 VA berapa yah…sebelumnya terima kasih.

    • Biayanya adalah sama seluruh Indonesia pak dan harga di atas adalah harga yang resmi namun belum termasuk materai Rp. 3.000. Untuk pemasangan 900VA adalah Rp. 675.000

  68. Dear Pak Hendy
    pak mau tny nich,sy sdh melakukan perubhan daya dr 450 menjadi 900 lwt call center 123,dan mendapatkan no agenda dan no registrasi..nah utk mengetahui sejauh mana petugas pln melakukan perubhan meter listrik ke rmh lwt mana y pak?(info dr 123 dg mengg no.agenda)terima kasih..tlg dblz ke emai :subadri.pnjepara@yahoo.co.id

    • Yth Bapak Subadri, bisa Bapak minta tolong untuk menanyakan Call Center 123 mengenai progress tersebut, rekan call center kemudian akan meneruskan permintaan Bapak ke unit yang melayani Bapak dan tergantung dari keaktifan dari unit setempat untuk memberikan kabar terakhir dengan menelpon Bapak langsung melalui nomor yang digunakan saat menelpon Call Center.

  69. dear mas Handy.
    saya sudah migrasi sekaligus turun daya dari 2,2kVA paskabayar menjadi 900VA prabayar. untuk ngambil UJL yang 2,2kVA secara tunai kok ribet banget ya prosesnya, lamaaaa juga.

    memang gimana sih proses pengembalian UJL ke pelanggan ?
    apakah di kantor PLN setempat gak ada kas UJL, sampai-sampai harus ada validasi dari pusat segala. itu kata PLN daerah saya.

    • Yth Bapak Geniar,

      kebijakan yang berlaku saat ini memang tidak memungkinkan unit mempunyai kas tersendiri karena kebijakan saat ini adalah dengan kas terpusat sehingga untuk proses restitusi UJL memakan waktu yang cukup lama. Terima kasih atas kesediaan Bapak untuk menunggu kabar lebih lanjut. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

  70. pak handi yang terhormat,saya mau tanya,mertua saya baru saja memasang listrik prabayar.nah pada saat mau di isi pulsa listrik,tidak mau berhasil.apakah mengisi pulsa listrik harus ada batas pengisian minimal supaya listrik bisa masuk,misalnya =<20Kwh?
    atau memang meterannya yang rusak,atau pengisian pulsa listrik tergantung sinyal di meteran listrik? tolong saya di bantu ya pak handi

    • Yth Bpak Heri Winarto,

      pada dasarnya token listrik yang dijual dipasaran saat ini minimal adalah Rp. 20.000, pengisian pulsa listrik berapapun selama belum pernah digunakan sebelumnya akan diterima oleh meter dan menambah jumlah pulsa listrik di meteran Bapak. Pengisian pulsa ini tidak membutuhkan sinyal seperti halnya operator seluler namun memang meteran ini memiliki tegangan minimal untuk beroprasi dengan baik. Saran saya, coba lihat dulu status tegangan listrik di meteran Bapak, bila menunjukkan angka antara 200 – 230 volt maka tegangan sudah bagus dan meter harusnya berjalan dengan normal. Namun untuk lebih yakin diperlukan cek lapangan oleh petugas dengan menghubungi call center kami di 123. Semoga berguna.

  71. Wah telat nh.. Tp seru bgt nh. Mw tanya pak handy dirmh sy menggunakan pasca bayar daya 450 va, bisa tidak sy pasang prabayar 900va tanpa harus mengganti 450va jadi ada double. Lalu brp rupiah voucer yg harus disediakan jika 900va dgn peralatan ac,mesin cuci,pompa,magic jar,kipas angn, setrika dan lampu. Terimakasih

    • Yth Bapak Haldis,

      Apabila Bapak memerlukan daya lebih dari saat ini (450 VA) maka silahkan mengajukan proses tambah daya melalui call center kami di 123. Proses tambah daya tidak akan menambah meter baru di lokasi Bapak, hanya mengganti MCB/pembatas di meter Bapak. Untuk daya 900VA rata-rata token listrik yang dibutuhkan adalah sekitar Rp. 120.000 per bulan.

      Semoga membantu.. :)

  72. Pak saya baru 1 bulan pakai listrik prabayar, yang anehnya setiap jam 06-07 pagi listrik mati begitu juga kalau sore hari mulai jam 19-20.wib listrik mati, para tetangga hidup listriknya, pada MPB nya layar nya biru kedip-kedip , pak mohon penjelasannya.

    • Kemungkinan besar terjadi drop tegangan di jaringan listrik yang mensuplai lokasi Ibu dan meter prabayar yg terpasang tidak mampu beroperasi pada tegangan tersebut. Hubungi call center 123 supaya ditangani oleh petugas gangguan. Semoga membantu

  73. Yth mas Handy
    ,saya mau tanya!!!rumah saya tingkat 2 dibawah rumah org tua saya dan saya diatas!!kebetulan saya diatas bnyk pemakaian,seperti studio musik!!jika saya diatas pasang listrik prabayar boleh atau tidak,karena dibawah terdapat listrik pasca bayar,jd intinya saya mau pasang sendiri diatas yg prabayar,supaya saya tidak membebankan org tua saya,..boleh atau tidak,mohon infonya mas,..terima kasih

    • Sayang sekali niat baik anda tidak bisa kami akomodasi, karena lokasi anda masih di persil yang sama dengan meter yang terpasang saat ini. Penyambungan meter baru bisa dilakukan apabila lokasi penyambungan mempunyai tapak bangunan (persil) yang berbeda. Semoga membantu

  74. Pak handy mau tanya dong,..
    Untuk pemasangan baru listrik pra-bayar di daerah ciputat berapa? Saya rencana mau buka bengkel motor kecil2an di ciputat. Daya yang saya butuhkan 1300VA..Sekalian minta “perkiraan” biaya SLOnya (hanya butuh jalur ntuk 1 lampu dan satu stop kontak). Biar saya bisa menyiapkan dana yang dibutuhkan.
    Trims..

    • Untuk biaya penyambungan dari PLN sama dengan yang saya jabarkan di tulisan saya Bapak Andi, namun untuk biaya SLO mohon maaf saya tidak memiliki informasi tersebut. Terima kasih

  75. pak handy,saya penguna listri prabayar 1300watt, jika turun daya dari 1300 ke 900 berapa biaya dan prosedurnya?

    • Untuk turun daya prosesnya mudah Pak, cukup menelpon call center kami dan menyebutkan ID Pelanggan atau Nomor Meter (apabila menggunakan Listrik Prabayar) dan kemudian akan dilaksanakan oleh unit terdekat di lokasi Bapak. Untuk biaya yang dibutuhkan adalah GRATIS, namun apabila ingin kembali ke 1300 VA akan dikenakan Biaya Penyambungan lagi. Semoga membantu

  76. Selamat siang Bapak Handy,

    Setelah membaca postingingan Bapak, saya sedang mempertimbangkan untuk menggunakan PLN prabayar. Tapi saya mempunyai beberapa pertanyaan, seandainya Bapak bersedia menjawab, terima kasih banyak lho.
    1. Saya baru mengetahui kalau kabel PLN rumah diputus sejak tanggal 7 Juli 2011 (rumah tidak dipakai) padahal saya sudah melunasi tunggakan pada tanggal 14 Juli 2011. Dan setiap bulan saya masih rutin melakukan pembayaran abodemen PLN karena saya tidak tahu kabel sudah digunting. Apakah memungkinkan untuk meminta kembali uang pembayaran abodemen dari bulan Agustus sampai Oktober?
    2. Kalau saya ganti ke listrik pra bayar, apakah saya harus membayar biaya jutaan (berdasarkan perhitungan kva itu)? karena saya dengar kalau menyambung kabel hanya terkena biaya sebesar Rp. 300.000an.
    3. Rekomendasi alat meter yang bagus apa ya pak, yang mudah penggunaannya dan tidak sering error.

    Terima kasih, Pak Handy

    • Terima kasih banyak atas pertanyaan Bapak, saya akan mencoba menjawab satu per satu.

      1. Pemutusan dilakukan karena Bapak tidak melunasi biaya tagihan bulanan, apabila bapak sudah membayar namun tetap diputus maka saya sarankan untuk bertemu petugas PLN dengan membawa bukti pembayaran yang telah Bapak lakukan, apabila terjadi kesalahan di sisi PLN bisa mengajukan restitusi.

      2. Apabila Bapak hendak menyambung ke listrik prabayar maka nanti akan sekaligus dibebankan biaya tunggakan yang belum terlunasi (jika sudah lunas maka tidak akan muncul) dan Biaya Penyambungan Baru karena meteran sudah dibongkar.

      3. Untuk meter yang akan dipasang nantinya akan disesuaikan dengan kondisi unit setempat pak.

      Semoga membantu :)

  77. Mau tanya nih soal kwh meter prabayar. ditempat kami telah terpasang kwhmeter prabayar Itron Ace9000 Taurus Ibis. awalnya daya terpasang 2200 VA. sebulan terakhir kwh meter tersebut sering off sendiri (bukan MCB Pembatas yang trip, tapi dari rangkaian didalam kwhmeter). mohon penjelasan kira2 penyebabnya apa ? kalo memang penyebabnya karena tegangan PLN yang sangat rendah, berapa sebenarnya rating tegangan minimum kwh meter tersebut. Apakah dikwhmeter prabayar ada settingan pembatasan daya juga ???
    Mohon Solusinya… apa yang harus kami lakukan karena petugas layanan gangguan dari PLN sendiri tidak bisa menyelesaikan masalahnya.

    • Toleransi mutu tegangan di PLN adalah 200 – 233 Volt (tegangan dasar 220 V) dan memang apabila terlalu rendah meter prabayar tidak mampu berfungsi dengan baik. Hubungi call center 123 supaya ditangani oleh petugas lapangan secara langsung. Terima kasih.

  78. dear bpk…

    pak saya beli pulsa listrik,tapi saat dimasukin ke meteran y tidak bisa masuk2 ,,knpa,,dan apa yang harus dilakakuan tq

  79. Yth. Mas Handy. Mau tanya berapa biaya tambah daya dari 450kva meteran paskabayar ke 1300kva meteran prabayar? Dan apakah ada kebijakan PLN untuk tambah daya gratis, jika ada apakah berlaku untuk tambah daya seperti di atas? Trimakasih.

  80. Mau tanya nih PLN..
    Misalkan si meteran dirumahk aku udah bunyi neh, sedangkan angka yg trtera di meteran masin 400an, kan meteran bunyi nih, artinya mengingatkan kita buat diisi pulsa listrik lg kan? Klo kita isi ulang pulsanya, yg 400 ini ilang dan digantikan dgn total pulsa baru yg kita isikan apa kumulatif dgn pulsa yg baru ?

    Trims PLN

    • apabila kita melakukan isi ulang pulsa, maka yang masih tersisa tidak akan hilang namun akan terakumulasi dengan pulsa yang baru. Semoga membantu

  81. Dear Mas Handy,
    Saya John ingin bertanya, dirumah saya listriknya 900va dan pemakaian listrik kalau malam tinggi sekali malah sering jepret MCB nya karena over biasanya kalau pasang komputer dengan monitor tabung/ seterika malam dsb.
    Yang mau saya tanyakan apabila saya pindah daya ke 1300va dengan pemakaian yang sama selama menggunakan 900va apakah lebih enteng kerja MCBnya dan biaya pemakaian bisa lebih hemat? karena kalau melihat biaya per Kwh diatas R-1 900 605 Rp/kwh
    R-1 1.300 790Rp/kwh
    secara teori harusnya lebih mahal, mohon penjelasannya.
    Terima kasih.

    Rgds
    john w

    • Yth Mas John,

      apabila kita melakukan tambah daya dari 900 VA ke 1.300 VA maka porsi subsidi listrik oleh pemerintah semakin dikurangi itulah mengapa terjadi perbedaan harga. Logikanya adalah masyarakat yang semakin besar pendapatannya lebih mudah memiliki perangkat elektronik sehingga kebutuhan listriknya semakin besar, namun masyarakat yang kurang mampu kebutuhan listriknya tentu lebih rendah karena tidak memiliki begitu banyak peralatan listrik. Tarid listrik kemudian disesuaikan dengan tingkat kemampuan pelanggan tersebut. Semoga cukup jelas dan membantu. Terima kasih

  82. selamat malem …
    nama saya Alex, saya mau tanya, saya pake meteran listrik yang prabayar 900watt, kalo beli yang 100rb sama yang 250rb dapetnya barapa KWH? trims.

  83. Bagaimana kalau d kwh muncul kata periksa padahal waktu input nmr udah bener tapi pulsa gak nambah cuma muncul kata periksa mohon penjelasannya

  84. Mas, mau tanya apakah ada ketentuan yang mewajibkan pemasangan listrik baru di Sumatera Utara harus menggunakan listrik prabayar ? Terima kasih.

  85. mau tanya kalo udah pernah dijabel karena kesalahan pelanggan tidak mengerti aturan bayar…
    terus kalo mo masang kembali pastinya habis berapa..??
    makasih sebelumnya ^_^

    • Untuk penyambungan kembali akan dikenakan Biaya Penyambungan kembali sesuai dengan daya yang akan disambung kembali sekaligus dengan tunggakan tagihan listrik yang belum lunas.

  86. sepertinya ini menarik.. selalu di jawab dengan lugas dan apa adanya…
    pak handy saya dari cimahi…1 minggu lalu saya memakai listrik prabayar.. tapi di setelah di terpasang sering mati hidup mati hidup…bisa2 rusak alat elektronik saya.. lalu saya telpon pln alhamdulillah datang esoknya di perbaiki… tetapi sekarang begitu lagi kejadiannya setiap malam… antara jam 6 – 10 .. wah itu waktu memang perlu listrik…
    bagaimana menurut pak handy ?
    mohon penjelasanannya..

    • Listrik prabayar menggunakan KWH Meter Elektronik dan beberapa meter tersebut tidak mampu bekerja di bawah tegangan standardnya (misalnya minimal tegangan adalah 200 V), pukul 18.00 sd 22.00 merupakan Beban Puncak dimana pemakaian energi listrik sangat tinggi dalam waktu bersamaan dengan banyaknya permintaan listrik tersebut kualitas tegangan listrik juga ikut menurun dan jika tegangan di rumah Bapak lebih rendah dari spesifikasi meter tersebut maka meter akan berhenti berfungsi. Silahkan menyampaikan pengaduan mengenai kualitas tegangan di tempat Bapak melalui Call Center 123 atau ke unit PLN terdekat. Semoga membantu

  87. pak,mo tanya,kwh prabayar(prepaid) yg baru pasang kenapa waktu di isi token ada yg GAGAL&PERIKSA,Mhn penjelasan,mksh

    • Yth Bapak Tjahyono,

      pastikan terlebih dahulu bahwa nomer token yang Bapak masukkan benar, namun jika tidak bisa silahkan hubungi Call Center 123. Semoga membantu

  88. Selamat malam menjelang pagi pak Handy,

    Saya ingin menanyakan batas maximum pengisian token untuk pelanggan R1 2200 Va itu berapa ya? Karena saya lihat2x di situs PLN untuk meter prabayar Hexing ( link : http://www.pln.co.id/?p=526) ada keterangan “OVER” dengan penjelasan ” Listrik isi ulang yang dimasukkan melebihi batas yang diperbolehkan. Coba masukkan kembali setelah listrik isi ulang hampir habis.”….Mau beralih ke prabayar neh ceritanya, trus pinginnya langsung isi token 3 juta untuk setahun :) :) :)

    • Yth Bapak Agus,

      normalnya pengisian adalah sampai dengan 1 juta, mohon untuk menyimpan sisa token sampai dengan saat yang diperlukan. Saya sarankan mengisi token ke dalam meter urut sesuai dengan tanggal belinya. semoga membantu

  89. Salam kenal pak handy…
    sya mau tnya jika pada listrik paskabayar kadang ada pemutusan listrik (mati lampu), apakah pada listrik prabayar tidak akan terjadi kondisi semacam ini….?
    terima kasih

    • Yth Bapak Lukman,

      pada dasarnya pemutusan listrik atau mati lampu merupakan pelayanan penyaluran listrik sedangkan meter yang terpasang baik pasca maupun pra digunakan untuk membatasi dan mengukur pemakaian energi. Apabila terjadi gangguan pelayanan listrik di jaringan kami maka baik pasca maupun pra bayar tetap akan merasakan padam. Semoga membantu.

  90. Dengan adanya listrik prabayar ini memang penggunaan sangat ter kontrol hanya aga repot jika habis pada malam hari, jadi harus punya pulsa cadangan.

  91. saya kan baru tambah daya ke 1300VA pakai meter prabayar.
    Di meter koq ada tulisan kwh,apa itu artinya? Bahaya nggak ya? Trs solusinya apa?

    • Yth Ibu Astutik,

      tulisan kwh menunjukkan energi yang sudah ibu beli sebelumnya dengan memasukkan angka pada meter tersebut. Tidak berbahaya namun apabila mendekati angka 10 kwh harap segera melakukan pengisian ulang supaya tidak padam disaat yang dibutuhkan. semoga membantu

  92. slamat pagi pak Handy,,
    sayatinggal di Tangerang pengguna listrik pascabayar dengan daya 1300 kwh, biasanya saya tiap bulan kena biaya dibawah Rp 150,000,- tapi 6 bulan terakhir ini naik menjadi hampir Rp 200,000,- bahkan pernah lebih (dengan pemakaian dan rutinitas yang sama) saya rasa pengaruh TDL tidak terlalu banyak,
    pertanyaan :
    1. kira2 faktor apa saja yang mempengaruhi ya pak ? mohon penjelasan
    2. pak jika ada orang yang jual token Rp 20.000,- dijual Rp 22,000,- apakah akan dapat teguran dari pihak PLN ?
    terimakasih atas jawabannya,

    • Yth Ibu Mama,

      jika memang penggunaan bulanan masih sama dengan sebelum beralih ke prabayar bisa saja pada saat menggunakan pasca bayar tagihan listrik yang Ibu bayarkan masih ada energi yang belum tertagihkan. Menjawab pertanyaan nomer 2, tidak, seperti halnya operator seluler tidak melakukan pelarangan seseorang menjual pulsa lebih dari nominal pulsa tersebut

  93. saya mau pasang yg 900va,brp tarifnya?apa itu sudah termasuk meterannya? selain itu apa ada lagi yg harus diurus?misalnya peralatan lain atau ijinnya?mohon bantuannya

    • Yth Bapak Ari,

      untuk daya 900 VA maka tarifnya adalah: Rp. 675.000, tidak termasuk biaya SLO atau pun instalasi karena dua hal tersebut di luar pelayanan PLN. semoga membantu

  94. saya pengguna daya 1300 va gol b1. kalau ganti listrik pra bayar apakah golongan tarifnya sama dengan yang biasa.

    • Yth Bapak Adi,

      jika telah melaksanakan migrasi dari Pasca ke Pra bayar maka tidak terjadi perubahan apapun sehingga golongan tarif maupun daya masih tetap sama seperti sebelum menggunakan Prabayar

  95. Cuma sayang kalau yang di daerah..lupa cek jumlah sisa fulsa di kwh meter tahu-tahu malam2 padam, repot mau cari kemana isi ulangnya, kaya malam ini nih, jasa yang jualan fulsa listrik dah tutup….cari dong solusi lain yang lebih mudah…, pake m-BCA juga gak bisa da blm ada kontrak dg pln, ATM jauh 11 km, coba gmn solusinya?

  96. Untuk instal daya 900.kira2 brapa ya? Apa nyampe 1juta,an pak??

    • Yth Ibu Dani,

      Biaya penyambungannya hanya Rp. 675.000 namun belum termasuk biaya Sertifikat Laik Operasi dan instalasi di rumah Ibu. Semoga membantu

  97. Pak Handy Yth….
    Saya di rumah sudah menggunakan listrik prabayar dengan daya 900 VA, saya mau tambah daya jadi 1300 VA, berapa biaya yg harus saya keluarkan.
    dan apakah dengan daya 1300 VA, saya di rumah bisa menggunakan AC 3/4 PK dngan daya 400 watt, 4 lampu, masing2 lampu 5 watt, TV dngn daya 110 watt, kulkas dg daya 90 watt, dan pemanas nasi tarikan pertama sekitar 300 watt.
    mohon bantuannya dan saya ucapkan terima kasih.

    • Yth Bapak Adist,

      saya sarankan untuk segera lakukan tambah daya dari 900 ke 1300 va sebelum bulan tahun 2011 habis karena kami masih menggratiskan tambah daya tersebut. untuk pemakaian listrik saya rasa masih cukup namun jika mau aman sekalian saja tambah dari 900 ke 2200 va dan masih gratis. buruann.. :D

  98. Ma’af, ada kemungkinan nggak no token yang di struk itu salah? Saya sudah mengulang 3 kali pengisian token, tapi tertulis gagal terus. Bagaimana mengatasinya? Terimakasih penjelasannya.

  99. kalau listrik pln mau habis biaya terakhirnya brp ?? yaa minimalnya..
    supaya antisipasi, beli pulsa listirknya… kalau udh brp minimal pulsa listriknya ?? ?? _^

  100. Pak mau tanya,sya mnggunakan rumah untk kantor sementara.daya meteran saya 13200 VA gol R3,beban nya tdak cukup,kira2 saya mash bisa tambah daya gk??maksimal berapa daya nya..tolong y info nya…thx

    • Yth Bapak Yusuf,

      Jika memang dirasa suka trip atau padam di meter karena kelebihan beban maka bisa Bapak tambah sampai dengan 66.000 VA bahkan bisa lebih, saya sarankan untuk menggunakan bangunan khusus kantor karena tarif untuk perkantoran dengan daya yang sama (B2 66.000 VA) adalah Rp. 1.100/kwh sedangkan R3 66.000 VA Rp. 1.330/kwh

  101. dear bapak Handy,
    Saya tinggal di depok berencana untuk menaikkan daya PraBayar dari 1300 VA menjadi 2200 VA. Ketika saya baca syarat-syaratnya, salah satunya menyatakan harus disertai struk pembayaran terakhir dan id pelanggan. yg ingin saya tanyakan
    (1) jika saya selama ini membeli pulsa listril via ATM, struk apa yang harus saya sertakan, apakah bisa dengan struk ATM?
    (2) jika id pelanggan yang tertera masih nama developer dan bukan nama saya/suami saya, apakah saya harus balik nama dahulu atas nama suami/istri atau bisa dilakukan sekaligus dengan penambahan daya tsb? besaran biaya balik namanya berapa ya pak?
    terimakasih

    • Yth Ibu Esti di Depok,

      saya akan mencoba menjawab pertanyaan Ibu,

      1. Memang benar harus menyertakan struk pembayaran terakhir, dan jika biasa membayar lewat ATM maka struk tersebut bisa digunakan sebagai bukti pembayaran asalkan no ID pelanggan ibu tertera jelas di struk.
      2. Silahkan mengajukan sekaligus untuk perubahan nama tersebut dan jangan lupa membawa akta yang mendukung. Biayanya gratis.

      semoga membantu

  102. tolong di jelaskan dengan pengisian pulsa 20.000 sampai dengan 200.000 itu akan mendapatkan berapa Kwh dan sesuai dengan dayanya seperti 900/1.300. terimakasih

    • Perhitungannya kurang lebih sebagai berikut,

      Rupiah R-1
      900 1300
      20.000 33,05785124 25,3164557
      50.000 82,6446281 63,29113924
      100.000 165,2892562 126,5822785
      200.000 330,5785124 253,164557

      perhitungan di atas tidak termasuk Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang otomatis ditagihkan pada saat pembelian dan setiap daerah berbeda-beda dan biaya penjual, semoga membantu

  103. pak, berapa ya biaya pasang baru listrik 1300 sekarang, katanya untuk Uang Jaminan sdh dihapus… Jember- Jatim….Trim

  104. pak mau tanya misal nya klau meteran prabayar rusak di ganti gak sama pln dan di kenakan biyaya lgi gk? Maksih

  105. mas handy, mo tanya.
    dirumah listriknya 900, saya udah beli token kesana lemari untuk cari yg termurah. kok kwh yang didapat dari token beda2 yah? misal utuk yg 20rb, saya beli di penjual 1 dapet 28kwh, di penjual 2 dapet 27 kwh. lok dari PLN kira2 untuk token 20rb dengan daya 900 itu dapet berapa kwh ya mas?
    terima kasih mas.

    • Jika memang sebelumnya tidak memiliki Tagihan Susulan maka yang energi yang didapatkan haruslah sama. Kemungkinan penjual tersebut sekaligus membebankan biaya pembeliannya. Semoga membantu

  106. spedo saya tdk bisa diisi pulsa, pada spedo tampil tulisan PERIKSA , mohon penjelasan

    • Yth Ibu Rina,

      pastikan dulu bahwa angka yang dimasukkan 100% benar, namun jika tidak bisa juga, hubungi call center 123 atau datang langsung ke kantor pelayanan PLN terdekat. Terima kasih.

  107. Pak, saya Cece, domisili di Tenggarong seberang, kutai kartanegara-kalimantan timur, saya baru pasang listrik pra bayar, tapi sering mati karena daya nya sering turun(kurang dari 165 v mati), bagaimana cara mengatasinya, mohon penjelasannya, terima kasih>

    • Yth Ibu Cece di Tengarong,

      terima kasih atas minat Ibu dalam memilih listrik Prabayar namun saya melihat bahwa mutu pelayanan kami kurang bagus di daerah Ibu, saya sarankan untuk melakukan komplain langsung ke kantor PLN terdekat untuk melaporkan masalah tegangan yang Ibu terima. terima kasih.

  108. pagi..mau tanya, kebetulan saya memiliki kontrakan 3 pintu dan baru dipasang 2 kwh meteran 1 pintu 1 kwh meteran sendiri, 2 pintu digabung 1 kwh meteran sendiri..Nah, saya ingin yang 2 pintu itu dipisahkan jadi masing2 1 pintu 1 kwh meteran dan saya ingin melakukan pemasangan baru..namun setelah saya telp call center 123 menyebutkan tidak bisa pasang baru karena sertifikat AJB / sertifikat rumah 1 nama padahal sebelumnya saya sudah memasang 2 kwh meteran di rumah itu dan saya mau menambah 1 lagi agar 1 kontrakan 1 kwh..operatornya ngotot ga bisa katanya peraturannya begitu..saya merasa emosi karena jelas2 saya sebelumnya bisa pasang kwh di kontrakan saya 2 kwh dan di kontrakan2 manapun yang 1 rumah dibuat kontrakan beberapa pintu juga kwh meterannya masing2 1 kwh..mohon bantuannya untuk masalah ini karena saya harus memasang baru segera..terima kasih..

    • Yth Ibu Ocha,

      Pakemnya PLN menggunakan persil (tapak bangunan) untuk setiap penyambungan baru, apabila tapak bangunan menyatu tidak bisa dilakukan penyambungan baru, saya sarankan untuk berkonsultasi langsung ke unit PLN terdekat. Terima kasih.

  109. Johannes Soetiktio.

    Selamat siang,
    Saya mau tanya biaya migrasi dr Paska Bayar ke Pra Bayar utk daya Listrik 10.600VA / 3 P berapa besarnya dan berapa lama prosesnya?
    Terima kasih dan saya menunggu balasannya.

    Salam,
    Johannes.S

    • Yth Bapak Johannes,

      Biaya untuk migrasi dari pascabayar ke prabayar adalah gratis pak, untuk lama prosesnya kami memiliki tingkat mutu pelayanan selama 10 hari. Semoga membantu

  110. Wahyu dwi prasetiyo

    pak handy saya mau tanya.
    sayakan listrik masih ikut sama tetangga.
    biaya perbulan murah juga tdak sampai 100ribu padahal pemakaian lumayan,dia masih pake yg abodemen,daya 900watt.
    nah yang saya mau tanyakan.
    niat keluarga saya,ibu dan ayah ,mereka ingin memakai listrik prabayar,baru mau pasang cerita na.
    klo bole tau pasang na itu habis berapa ya,sampe 2 juta nggak,,niat na 1300watt.
    tapi kalo menurut saya pasang yang pasca bayar ajah,bukti na murah saya ikut tetangga.
    terus dnger2 prabayar banyak merugikan.
    klo saya mau pasang yang pasca bayar bisa kan.
    tolong saran nya.
    ditunggu secepet na pak handy.

    terima kasih

    • Bapak Wahyu yang saya hormati,

      saya sangat menghargai keputusan Bapak yang ingin mempunyai sambungan listrik sendiri dan tidak berbarengan dengan tetangga karena dengan begitu tagihan akan lebih adil sesuai pemakaian penggunanya masing-masing. Untuk metode Pasang Baru ada beberapa komponen, yaitu saluran listrik dari PLN, instalasi listrik dari pihak instalatir yg diluar PLN dan sertifikasi jaminan keselamatan instalasi tersebut dari Konsuil. Untuk daya 1.300 va maka Biaya Penyambungan dari pihak PLN adalah sebesar Rp. 975.000 sedangkan 900 va adalah Rp. 675.000. Harga per kwh lebih tinggi daya 1.300 va sehingga apabila penggunaannya sama saya rekomendasikan untuk tetap menggunakan 900 VA saja, tetapi jika kondisi ekonomi membaik dan ingin menambah perangkat listrik lainnya otomatis tidak akan cukup.

      Mengenai pasca bayar atau prabayar tergantung dari ketersediaan unit PLN Bapak, silahkan berkonsultasi dulu dengan mereka untuk informasi lebih lanjut. Listrik prabayar lebih memudahkan Bapak untuk menghemat dan mengatur pemakaian listrik karena mudah dimonitor setiap saat.

      Semoga membantu.

  111. selamat siang pak.saya mau tanya berapa biaya balik nama kwh listrik

    • Gratisss tiss tiss pak, pastikan membawa persyaratannya yaitu fotocopy akta tanah atau bangunan atau bukti pembayaran PBB yang sudah atas nama Bapak sendiri. Semoga membantu.

  112. Mas Handy, saya mo ikut nimbrung nich..
    Apa saja yg termasuk Biaya Penyambungan, apakah pemasangan KWH menjadi tanggung jawab PLN atau Instalatir, Soalnya ada saya temukan SPK pemasangan listrik yang di kontraknya menyebutkan upah pemasangan KWH.
    Mohon pencerahan

    • Yth Bapak Ramson,

      Kondisi saat ini tidak memungkinkan penyambungan dilakukan seluruhnya oleh pegawai PLN sehingga kami mengandalkan pihak ketiga dengan upah tertentu untuk melaksanakan penyambungan listrik dari Jaringan Tegangan Rendah hingga Sambungan Rumah dan kWH Meter. Biaya Penyambungan juga digunakan sebagai kompensasi material penyambungan seperti kabel, kwh meter, bahkan trafo di dekat area Bapak. Semoga membantu.

  113. Selamat Pagi,
    Nama saya Arifin di Jawa Timur pak,
    Kmai baru melakukan Pendaftaran Pasang Baru Listrik Prabayar dengan daya 450, sudah kami lakukan Pembayaran tanggal 18 Januari 2012 dan Kemaren petugas dari PLN juga sudah datang dan melakukan Pemasangan KWH Meter. sampai disini saya kira respon PLN juga sanagt cepat.
    tapi Listrik masih Belum bisa dinyalakan karena petugas meminta SLO.
    Mohon informasinya mengenai Pengurusan SLO dan Syarat2nya dan apakah Harus BTL yang boleh mengurus SLO mengingat Instalasi Rumah kami dikerjakan Oleh orang yang berpengalaman( mantan pekerja di salah satu BTL) bukan BTL. Terimakasih Atas bantuaanya

    Arifin

    • Yth Bapak Arifin,

      SLO ditangani khusus oleh lembaga bernama Konsuil dan sudah diluar ranah PLN. SLO digunakan sebagai bukti jaminan bahwa instalasi rumah Bapak siap untuk dialiri listrik dengan baik. Mengenai biayanya kami persilahkan untuk berkonsultasi dengan pihak Konsuil terdekat atau bisa dilihat di http://www.konsuil.or.id semoga membantu.

  114. Assalamualaikum pak,kalo sdh terpasang instalasi di rumah sesuai standar pln apakah perlu kita membayar IR atau jaminan ke cv lg pak atau cukup membayar BP di pln sj pak.dan kenapa untuk daya 450va sdh gak ada lg di MATARAM NTB RANTING PRAYA pak,padahal banyak sekali masyarakat miskin yang pingin punya lampu tp kekurangan uang tolong infonya pak

    • untuk biaya yang dibebankan oleh PLN Bapak tidak perlu mengeluarkan uang lagi cukup membayar BP, namun untuk pengurusan SLO nya di Konsuil akan dikenakan biaya oleh pihak Konsuil. Untuk kondisi seperti itu, kami sarankan untuk berkonsultasi Pemda setempat untuk dimasukkan dalam program Listrik Pedesaan atau Lisdes. Semoga membantu.

  115. kwh prabayar memeng mudah tapi tegangan listrik sering rendah,apalagi kwh meter star mati hidup kacauuu pak

    • itu yang menjadi PR kami pak, pastikan Bapak juga menyampaikan keluhan Bapak ini ke unit PLN terdekat. Terima kasih dan semoga pelayanan kami akan lebih baik.

  116. selamat siang pak,saya mau tanya,saya baru mendapat hibah sebuah kwh listrik dari saudara saya yang tinggal di luar desa saya, yg saya ingin tanyakan ,apakah bisa di baliknama menjadi nama saya dan gimana caranya /?terima kasih

  117. klo mau migrasi ke prabayar, dan ganti daya dr 1300 menjadi 2200 bayar ga?

  118. Pagi…Pak…boleh saya tau klo pemasangan baru dng daya 900, biayanya berapa ??? apa bener Rp 675.000 sekian…….Tapi klo saya denger ada yang masang ampe rP 1.700.000 an…klo pix nya berapa ???? Thankssss

    • Biaya Rp. 675.000 merupakan biaya dari PLN saja pak, yaitu untuk menarik kabel jaringan ke rumah Bapak dan juga untuk membeli kwh meter yang akan dipasang di rumah Bapak. Setelah dari kwh Meter merupakan kewajiban dari pelanggan seperti instalasi listrik dan Sertifikat Laik Operasi. Semoga membantu.

  119. saya minta tolong kepada penguasa PLN agar masa gratis tambah daya di berlakukan lagi,,,, karena saya mo nambah daya tapi tak punya Rp he he he………hari gini masih banyak yg pke 2A, kayaknya gak masuk akal,,,,, alias breaker blong pada umum nya ………………..tolong di komfir terima kasih;;;;;;;;;;;

    • Wah sayang sekali Bapak ketinggalan promo dari PLN, hehe.. mungkin lain kali lagi Pak. Gerakan tersebut merupakan gebrakan dari Pak Dahlan Iskan dan jarang-jarang ada seperti itu.

  120. pak hendy…saya mau tanya.
    Saya baru menempati rumah kreditan melalui deplover dan bank niaga.
    Yang mau saya tanya.sertifikat rumah atas nama saya sendiri.
    Tapi Kenapa meteran listriknya tidak atas nama saya tetapi melainkan atas nama orang lain.
    Dan apakah ada dampak negatifnya jika meteran listrik tidak sesuai dengan nama pemilik asli rumah.

  121. Pak Handy, saya mau nanya nih
    Berapa sebenarnya yang harus kami bayar ke selain pihak PLN ?
    Apakah benar ke selain pihak PLN, harganya HANYA Rp 750,- per VA ?

    Keterangan :
    Kami pasang 1.300 VA, di rumah sudah ada instalasi listriknya, kami sudah bayar ke PLN Rp 995.000,
    kata yang melakukan survey kami harus bayar Rp 1.400.000,- ke dia, jangan bayar ke yang memasang Kwh meter (karena kata dia, mereka itu sudah dibayar PLN),
    pernah menanyakan ke bagian pasang baru PLN, katanya itu harga nego antara pemilik rumah dan yang memasang Kwh meter
    kami tidak tahu batasan harganya ! Kalau tidak dibayar takutnya tidak jadi dipasang. (saya pikir di sini ini yang kurang transparan, banyak permainan harganya di sini !)
    posisi kami di bangka tengah

    Makasih sebelumnya.

    • Kalau yang saya tangkap dari cerita di atas bahwa Ibu Ina sudah melakukan pembayaran BP sebesar Rp. 995.000, namun ada pihak lain yg menagihkan Rp. 1.400.000 begitu bukan? Kalau yang saya lihat yang menagihkan Rp. 1.400.000 itu sepertinya orang yang mengeluarkan SLO atau Sertifikat Laik Operasi, namun saya tidak 100% pasti apakah orang itu memang dari Konsuil. Saran saya, tanyakan langsung ke PLN tempat Ibu mendaftar dan tanyakan kapan akan segera disambung, dan laporkan juga pungutan Rp. 1.400.000. Semoga membantu

  122. pak Handy saya mau tanya seperti apa bentuk dari sertifikat laik operasi tersebut/SLO? apa sertifikat tersebut kita yang pegang dan harus diperpanjang tiap 5th/10th sekali?setahu saya untuk biaya pemeriksaan instalasi sudah ada tabel resminya sesuai surat Dirjen No.404/45/600.4/2006; daya 900=77.000, 1.300=Rp. 93.500,- tapi kenyataan di lapangan knapa jadi lain?
    trmksih pak Hady.

    • Perbedaan harga tersebut bisa jadi karena kontrol dari pihak penerbit SLO tidak cukup ketat sehingga masyarakat masih dipungut biaya lain yang tidak resmi.

  123. assalamualaikum…pak apakah kalau tambah daya harus di ubah ke prabayar…saya rencananya mau tambah daya dari 900 ke 1300, tapi dengan menggunakan listrik pasca bayar…karena yang punya rumah gak boleh kalo pindah ke prabayar..kalau bisa berapa biayanya?? terima kasih sebelumnya.

  124. Pak Handy saya sebagai instalator listrik/pelaksana dari paklina. Masalah yg ingin saya bicarakan disini dan mohon solusinya adalah meteran dg merek Itron sering keluar tulisan “periksa” pada saat pulsa berada di bawah batas alarm sehingga kami tidak bisa mengisi ulang sebelum kami masukkan kode tamper. Dan masalah ini secara teknis katanya terjadi krn hubungan singkat(short) antara Netral dan Ground.
    Untuk mengantisipasi hal ini mengapa PLN tidak menyertakan sebuah alat yg dinamakan ELCB (Earth Leakaged circuit breaker) satu paket dg meteran. ELCB adlah sebuah alat keselamatan untuk mencegah serangan petir atau kebakaran yg disebabkan hubungan pendek arus dan hubungan singkat antara manusia itu sendiri. Karena alat ini akan otomatis break atau turun apabila terjadi hal2 di atas dan tidak akan bisa dinaikkan lagi sebelum instalasi listrik benar2 bagus. Dengan demikian apabila terjadi kebocoran kabel netral atau stroom kita bisa mengeceknya dg mudah tanpa harus menunggu kode tamper apabila meteran prabayar sedang “periksa”.
    Mengingat alat ini juga tidak terlalu mahal dibading fungsinya sbg alat keselamatan karena saya sendiri sudah memakainya. Dan harganya mungkin hanya sekitar 150-an jd lbih murah dibanding biaya yang harus dibayar ke konsuil yg mencapai ratusan ribu.
    Saya berharap Bp. Handy dapat menyarankan ini ke PLN sbg bagian dari alat keselamatan paling penting pada instalasi listrik. Walaupun nanti biayanya akan sedikit lebih mahal karena ELCB memerlukan 3 kabel untuk seluruh point baik stop kontak,saklar atau lampu agar benar2 aman.
    Semoga saran saya bermanfaat dan kedepannya bisa direalisasikan menerusi pengalaman saya selama 4 th bekerja bidang wiring di Malaysia dan di sana semua instalasi listrik pasti menggunakan ELCB dan tak pernah aku mendengar berita kebakaran karena hubungan arus pendek listrik dan pernah 3 kali aku tersengat listrik dan alat ini membantu saya dg cepat. Dan yg lebih saya salut selama 4 thn itu listrik yg saya tempati tidak pernah padam sama sekali yg artinya jaringan dan instalasi listrik disana benar2 bagus.
    Terima kasih Pak Handy mohon di tanggapi.

  125. pak hendri saya mau tanya mengapa listrik prabayar sering gangguan , dikit- dikit minta periksa…. apa penyebabnya? lampu padam dari PLN dan nyala kembali dia selalu minta cler tempel ulang?

    • Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini pak, untuk penjelasan teknisnya saya kurang tahu. Mungkin bisa mengikuti saran dari Bapak Jasmex di atas. Mohon maaf saya tidak bisa membantu banyak

  126. slamt siang pa..
    saya mau tanya. listrik saya skarang 1300 va. sekarang mau tak turunin jadi 900. prosedurnya gmana tu pa…?
    pernah datang ke kantor pln, ktanya hrus bikin surat permohonan dlu. jelasnya gmana pa….

    • Benar pak harus membuat surat permohonan yang menyatakan bahwa Bapak dengan ID Pelanggan bapak ingin melakukan turun daya, untuk formatnya bebas pak. Atau bisa juga bapak mengisi formulir untuk permohonan bapak tersebut. Semoga membantu

  127. Maaf pak, jika pertanyaan saya sudah ditanyakan sebelumnya. Berapa biaya migrasi listrik dari Pascabayar menjadi prabayar? apakah syarat2nya? sekedar info saja, saya di Padang, Sumatera Barat, listrik 1300.Terima kasih.

  128. Dear Bapak Handy,
    Mohon advise bapak. Saya baru saja menempati rumah baru 3 bulan yang lalu dan karena saya request penambahan daya ke 4,400 watt, dan meteran otomatis diganti ke pra bayar. Begitu saya pindah dan ingin mengisi pulsa ada tanda periksa, saya menghubungi PLN dan mereka melakukan pemeriksaan pada instalasi rumah dan kemudian mereka menginformasikan bahwa instalasi listrik baik2 saja. Pulsa bisa diisi. Namun seminggu setelah itu muncul kembali tanda periksa. Sehingga harus memanggil teknisi PLN kembali. Semua teknisi PLN yang datang ke rumah memberikan konfirmasi bahwa instalasi di rumah saya baik-baik saja, hanya saja meteran tersebut amat sangat sensitif, sehingga walaupun tidak ada masalah tanda periksa sering kali muncul. Sehingga pada saat ini saya harus menghubungi PLN setiap kali mau mengisi pulsa karena selalu muncul tands periksa.
    Tentunya situasi ini membuat saya tidak nyaman. Pertanyaan saya apa yang salah dari meteran tersebut?
    Dan bagaimana caranya apabila saya ingin merubah ke PLN pasca bayar, karena sustem pra bayar ini sangat merepotkan hidup saya apabila saya harus menilpun PLN setiap kali saya ingin mengisi pulsa.
    Mohon advicenya Pak.

    Terima kasih sebelumnya.

    FYI, problem ini banyak sekali dialami oleh teman-teman saya yang memakai system pra bayar ini

    • Meter elektronik yang saat ini terpasang di rumah Bapak memang memiliki sifat yang sensitif terhadap gangguan-gangguan yang listrik di sekelilingnya baik yang berasal dari instalasi pelanggan maupun dari jaringan PLN itu sendiri. Saran saya Bapak bisa bertandang ke kantor PLN terdekat dengan mengutarakan cerita bapak tersebut dan melakukan permintaan untuk dirubah kembali ke pasca bayar, jika petugas di depan tidak bisa memberikan jawaban pasti silahkan hubungi bagian Pelayanan Pelanggan atau ke Manajer langsung. Semoga membantu.

  129. pak handi tolong di kontak pln ranting PRAYA NTB,kakak saya sdh pasang baru dengan bukti kwitansi pln tgl 3 november 2011 atas nama SELAMAH DN DANGAH JELANTIK.meter belum terpasang .sdh kita tanya ke ranting praya ktnya meter atas nama di atas sdh hilang dan nanti pln akan mengganti lagi tp sampai skarang meter masih belum terpasang

  130. Budi Syawal Lubis

    pak saya budi dari medan..
    saya mau tanya ni pak. untuk perpindahan ke prabayar itu dikenakan biaya tidak pak..?

    terus saya melakukan isi ulang gagal..
    gimana solusinya pak? mohon bantuannya pak Handy

    • tidak dikenakan biaya pak. pastikan dulu bahwa nomer token yang bapak terima bisa terbaca dengan jelas. Namun bila tidak bisa juga bisa bapak tanyakan ke petugas PLN atau sertakan nomer meter Bapak disini dan jumlah pembeliannya berapa, nanti saya coba bantu.

  131. permisi tanya, saya baru mengontrak ruko, daya listrik 7700 tarif bisnis, dengan meter listrik prabayar merk star, kondisi listrik padam, lalu saya isi pulsa tak bisa langsung hidup, saya kontak pln, lalu di tampering, dan listrik nyala. Yang jadi masalah ketika saya cek sisa pulsa(07) ternyata negatif, tapi kondisi listrik menyala. dan ada indikator STL. Petugas pln bilang gak masalah asal listrik menyala. Pertanyaan saya adalah bisakah meter listrik tersebut diganti dengan yang baru, biar saya bisa cek pulsa? lalu mungkinkah daya listrik diturunkan, jadi b1 misalnya. Terima kasih atas perhatiannya. salam.

    • Untuk penggantian meter coba bapak tanyakan langsung ke kantor PLN pak nanti petugas akan memeriksa lebih lanjut mengenai meter tersebut. Untuk tarif B-1 maksimal dayanya adalah 5.500, pastikan dahulu apakah daya tersebut mencukupi kebutuhan Bapak. Sedangkan untuk biaya turun daya adalah gratis namun apabila ingin menaikkan daya kembali akan dikenakan Biaya Penyambungan kembali pak. semoga membantu

  132. salam kenal pak handy.
    saya amar posisi di sby, mohon info mengenai pasang listrik prabayar untuk keperluan kost2an. klo saya dapet info dari 123 pln call. pemasangan baru untuk kost masuk kategory bisnis dengan biaya yg sdh di jelaskan. tetapi ternyata untuk memenuhi listik di kamar2 kost harus di daftar lewat 1 nama dan memakai daya listrik utama yg di bagi ke kamar.
    apakah ada cara yg lebih hemat untuk pemasangan listrik untuk keperluan kost2an. karena klo dari daya listrik utama maka pembayaran per kwh tiap kamar akan lebih mahal. mohon sarannya, terima kasih banyak sebelumnya.

    • Untuk hal tersebut sepertinya memang merupakan hal yang khusus sehingga saya sarankan untuk datang langsung ke kantor PLN dan berbicara dengan SPV Pelayanan Pelanggan atau dengan Manajer Rayon untuk menentukan kebijakan yang akan diambil. Semoga membantu

  133. mo nanyak. ni pak . pa tarif biaya pemasangan baru tuk bulan april akan naik, klo’ naik kira2 berapa persen ?

  134. bhoz dimana tempat pengurusan SLO wil suranaya . . . apa bisa saya urus sendiri . . . . . . . truz kalau insalatirnya klu saya kerjakan sendiri apa boleh . . . . .
    .

    • Untuk masalah lokasi pengurusan SLO di Surabaya saya kurang mengetahuinya Pak, mungkin bisa menanyakan ke kantor PLN terdekat atau menghubungi pihak Konsuil melalui webnya di http://www.konsuil.or.id/

      Untuk instalasi listrik saya rekomendasikan untuk menyerahkan kepada ahlinya, karena instalasi listrik yang tidak tepat bisa memicu kebakaran pak. Semoga membantu.

  135. mau tanya ni mas. kalau pasang daya 2200 w berapa ya mas?

  136. Pak saya mau tanya. Apakah token yang kita beli ada masa kadaluarsanya? Umpama pada bulan maret ini saya beli token 20.000 rb sebanyak 5 item sekaligus, trus saya masukkan satu token untuk bulan ini,apakah sisa 4 token yang masih belum di masukkan masih bisa di pake pada bulan2 berikutnya? Trima kasih

    • Yth Bapak Pata,

      Token listrik tersebut tidak memiliki masa kadaluarsa, namun saya memberikan tips untuk melakukan pengisian pulsa berurutan sesuai dengan urutan pembeliannya. Semoga berguna.

  137. santoso raharjo

    pak,stelah listrik mati,lcd menampilkan tulisan periksa…gmna cara menghidupkanya kmbali.trimakasih

  138. Pak handy, saya mohon pencerahannya. Saya pelanggan baru listrik pln prabayar dgn daya 900w. Posisi sy di pekanbaru. No Meter saya 22115583670. saat ini saya kebingungan mengenai bagaimana caranya saya bisa mendapatkan token pln. Saya coba beli lewat atm mandiri, comment yg keluar transaksi tidak diperkenankan. saya telp 123 katanya tdk ada masalah di server pln jadi masalahnya ada pada bank nya. Lalu saya coba beli dgn menggunakan atm bni, muncul data pelanggan saya namun nama yg tertera bukan nama saya, tapi no rumah benar. Saya lalu isi nominal token yg hendak dibeli dgn angka 100rb namun yg muncul coment tidak bisa melakukan transaksi karena tagihan sudah dibayar. Pertanyaan saya apa yg salah dg meter saya. Bagaimana sy mendapatkan token yg sy butuhkan. Atas pencerahannya sebelumnya sy ucapkan bnyk terima kasih.

    • Yth Bapak Hendrawan,

      Terima kasih sudah menggunakan layanan listrik prabayar dan semoga semakin puas dengan pelayanan kami. Untuk cara pembelian token/pulsa listrik prabayar setiap ATM memang berbeda beda pak, yang saya tahu adalah pembelian melalui ATM BNI tahapannya adalah sebagai berikut:

      1. Pada menu layar ATM pilih “Menu Lainnya”
      2. Pilih “Pembayaran”, tekan “Menu Berikutnya”
      3. Pilih “PLN”
      4. Pilih “PLN Prabayar”
      5. Pilih “Pembelian Token PLN”
      6. Masukkan Nomoer Meter / ID Pelanggan
      7. Pilih 0 (nol) “Nominal Lain”
      8. Pilih nominal pembelian token yang anda inginkan
      9. Pilih jenis rekening untuk pembayaran
      10. Konfirmasi
      11. Tekan “YA” maka mesin ATM akan mengeluarkan nomer referensi / nomer token
      12. Masukkan nomer referensi / nomer token tersebut ke meter prabayar di rumah bapak.

      Selain membeli di ATM bisa juga dilakukan di PPOB atau bahkan minimarket yang sudah bekerjasama dengan PLN seperti Alfamart dan Indomaret.

      Semoga membantu.

  139. yth pak handy
    saya dijember baru sebulan migrasi ke prabayar.sudah dua kali isi ulang tapi ujung-ujungnya selalu saya tlf ke 123 krn di meteran saya slalu ada tanda periksa saya jadi malu tapi juga merepotkan.saya tanyakan ke petugas dijawab suruh periksakan /datangkan instalatir.lho terus bagaimana tanggungjawab pln ke konsumen.padahal selama ini sebelumnya tidak pernah merepotkan saya.
    mohon solusinya

    • Yth Bapak Sugeng,

      Listrik prabayar ini memiliki pengaman ganda di dalam meternya guna mencegah terjadinya korsleting atau hal-hal yang tidak diinginkan, namun terkadang hal yang membuat kita aman malah menjadi sesuatu yang merepotkan. Saran saya agar bapak menghubungi pihak instalatir untuk mengecek sekaligus memperbaiki kebocoran arus yang ada di instalasi bapak dengan begitu instalasi listrik di rumah bapak akan semakin terjamin dan tidak ada halangan lagi dalam menggunakan listrik prabayar. Semoga membantu.

  140. slamat malam mas handy…sy ingin bertanya,kbetulan sy bkerja di suatu perusahaan perbankan dan sy dipercayakan untuk mengurus listrik kantor cabang,stelah sy membayar ke pln utk tambah daya kantor dr 3500 va ke 6600 va sebesar rp. 2.402.500 stelah tersmbung dtg pihak konsuil k kantor mmpertanyakan utk mslah slo nya…ktika sy ingin mmbayar utk slo trsebut sy diberikan tarif rp 400 / va nya…bnyak biaya yg dia sebutkan ,apa itu benar belum lg tarif gambar diminta mohon informasinya

    • Yth Bapak Yudi,

      Memang benar untuk biaya tambah daya yang dibebankan dari pihak PLN dari 3.500 va ke 6.600 va adalah sebesar 2.402.500 dan akan langsung disambung oleh pihak penyambungan namun sebelum penyalaan hendaknya terlebih dahulu sudah dikeluarkan SLO untuk daya baru tersebut (6.600 va) sebelumnya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Namun hal tersebut sudah diluar wewenang PLN dan untuk pentarifan yang dikenakan oleh pihak Konsuil tersebut saya memang kurang mengetahuinya, saran saya coba Bapak mulai mencari informasi lebih lanjut melalui website Konsuil di http://www.konsuil.or.id

      Semoga membantu.

  141. Selamat malam pak Handy….
    saya salut atas penjelasan-penjelasan pak Handy atas pertanyaan-pertanyaan yg diberikan penanya. Jika pak Handy tahu maka akan menjawab tahu, jika tidak tahu maka akan menjawab tidak tahu. (meskipun kemudian pak Hany memberikan solusi alternatif untuk soal-soal yg tidak bisa dijawab).
    Jarang sekali saya ketemu orang yg “bau-bau pemerintah” (dalam hal ini ..PLN ya ?) yang mau sabar menjawab pertanyaan2x dengan sejelas-jelasnya.
    Salut buat pak Handy.
    Saya doakan semoga karier anda akan bagus nantinya (jika anda tetap bersikap seperti ini).

    • Alhamdulillah, terima kasih atas apresiasi Bapak. Saya hanya ingin memberikan informasi yang lebih jelas kepada masyarakat terhadap pelayanan listrik meskipun saya tidak selalu bisa membalas pertanyaan-pertanyaan tersebut setiap hari. Saya sadar bahwa jawaban saya terkadang tidak memuaskan karena masih banyak hal yang harus saya pelajari lagi dan semoga saya bisa memberikan jawaban lebih jelas dan memuaskan hari demi hari. Terima kasih atas doanya juga, saya doakan Bapak juga sukses dalam berkarya, amin.. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s