Akhirnya Internetan di Rumah!!

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya saya bisa internetan juga. Kecepatannya juga sudah bagus, coba liat gambar ini

Koneksiku

Gimana? Lumayan kan? Tes kecepatan itu diambil saat jam sibuk yaitu hari Senin 23 Juni 2008 jam 2 siang, dengan server tes di Frankfurt, Jerman. Kenapa ngetesnya kesana? Karena itu yang deket sama servernya Rapidshare (dikit banget hubungannya sebenernya..)

Kok bisa kecepatan segitu gimana? Ceritanya dimulai dari beberapa minggu yang lalu saat saya membaca koran Jawa Pos, di situ saya melihat iklan yang sangat menarik dari program Telkomsel. Gimana enggak menarik, lha wong disitu ditulis internetan unlimited cuman 125.000 per bulan!! Disinilah perjuangan saya dimulai.

Melihat iklan itu, niatan saya untuk masang internet semakin menggebu-gebu, dan program dari Telkomsel itu membantu saya dalam pengentasan miskin internet di rumah.. :p Sebelumnya saya terpaksa membuat HP saya Nokia 3230 untuk kerja rodi dengan koneksi internet apa adanya, lumayanlah.. dengan bantuan IM3 dan kecepatan GPRS mampu mengurangi sedikit miskin internet di rumah. Tapi kalau pulsa sudah tidak mencukupi, yasudah… nggak ngapa-ngapain..😆

Nah.. berhubung di rumah saya ini tidak ada kabel teleponnya, maka alternatifnya adalah melalui wireless dan pilihan saya jatuh pada teknologi HSDPA. Akhirnya saya pun mengajukan proposal ke orang tua untuk membeli modemnya..

Dua minggu setelah pengumuman promo Telkomsel, akhirnya orang tua mengijinkan saya untuk membeli modem HSDPA dengan sebelumnya memberitahu bahwa senior saya ada yang menjual dengan harga murah!! Harga murah memang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, sehingga tidak jarang pula faktor kualitas tidak diperhitungkan (nyindr operator seluler belakangan ini.. :p), tetapi untuk yang satu ini beda, modem HSDPA Huaweii E220 dibeli dengan harga yang lebih bersahabat daripada di toko besar, macam toko-toko di Hi-Tech Mall Surabaya.

Uang pun diberi dengan harga yang terlebih dahulu telah disepakati (meskipun belum tentu beli waktu itu), jadinya saya dikasih duit pas, pas, pas! Yasudah lah.. dengan semangat saya pun bergegas menuju daerah kampus untuk segera membelinya.

Sesampainya disana dan ketemuan dengan sang “vendor” saya pun DP, kenapa DP? Karena barangnya laris dan orangnya nggak ready stok. Terpaksa sabar deh.., tapi untungnya saya diberi tahu kalo saya segera mendaftar KartuHALO hari itu juga, kalau modemnya datang (yang mana diperkirakan dua hari setelah hari ngasih DP), KartuHALO yang nanti dipake buat Telkomsel Flash Unlimited sudah aktif, jadi tinggal pake.. Nah berdasarkan saran itu pula saya kemudian berangkat ke GraPARI di jalan Pemuda.

Sampe disana dan ngambil nomer antrian, mbak CSnya bilang “Kalau mahasiswa harus meminta surat persetujuan orang tua dulu..”, akhirnya pulang lah saya dengan membawa formulir aplikasi kartuHALO dan formulir persetujuan orang tua.

Esoknya setelah melengkapi seluruh persyaratan, berangkat lagi ke GraPARI yang sama. Alhamdulillah proses pendaftaran berjalan lancar, hanya kesulitan menuliskan referensi orang yang bisa dihubungi yang berstatus teman atau keluarga dengan alamat lengkapnya, dan mbak CSnya bilang saya harus masukin dua nama ke form itu. Dengan sedikit diawur, akhirnya lengkap sudah persyaratannya..😀

Esoknya petugas survey datang, petugas survey ini tugasnya untuk memverifikasi alamat yang dimasukkan pada saat mendaftar dan sekaligus membawakan nomer yang telah saya pilih.  Nah apakah modem HSDPAnya sudah datang? Saat itu sudah, dan demi mengisi kekosongan saat belum aktifnya Telkomsel Flash Unlimitednya saya gunakan IM3.

Koneksinya cukup memuaskan, namun seringkali saya tersandung masalah sinyal yang kurang kuat. Koneksi yang saya dapatkan maksimum sekitar 256 kbps dengan HSDPA IM3, mungkin settingan koneksi saya yang kurang tepat (masih menggunakan settingan IM3 durasi GPRS), atau memang jaringannya yang “cuman segitu”.

Kurang lebih Rp 40.000 saya habiskan untuk membeli pulsa IM3, haha.. boros banget.. tapi tariffnya memang lumayan, Rp 100/menit atau Rp 1/KB, dan metode billing yg berbeda-beda itu saya gunakan selang-seling.

Baru hari ini, Sabtu tanggal 21 Juni 2008, tiga hari setelah mendaftar, dan dua hari setelah nomer HALO saya dikirmkan koneksi Telkomsel Flash Unlimited saya sudah aktif. Alhamdulillah akhirnya saya bisa internetan di rumah dengan metode “setengah unlimited” di rumah dengan harga yang terjangkau (Rp 125.000/bulan dengan bandwidth 256 kbps, sudah lumayanlah itu)😀

FYI: Mbak Sari (CS Telkomsel) memberitahukan bahwa perbedaan antara Telkomsel FLash Unlimited, Time Based, atau Quota Based terletak pada APN (Access Point Name) yang digunakan.

Unlimited –> APN: internet –> tarif: Rp. 125.000/bulan; bandwidth: upto 256 kbps

Time –> APN: flash –> tarif: Rp. 350/menit; bandwidth: upto 3,6 Mbps

Quota –> APN: telkomsel –> tarif: Rp. 12/KB; bandwidth: upto 3,6 Mbps

10 responses to “Akhirnya Internetan di Rumah!!

  1. Pingback: Telkomsel Flash Unlimited Review « Writing to Reach You

  2. Wah menarik juga untuk ikutan di Telkomsel Flash. Soalnya selama ini saya ikutan internet dengan menggunakan paranunut keluarga yang hanya langganan Speedy 3 G. Dan akibatnya tangal 15an sudah 90%nan, artinya stelah itu harus hati-hati pake.
    Pertanyaan saya, kalau seumpamanya saya ada kabel tepon rumah, apakah tidak perlu beli modem HSDPA itu?
    Lalu kalau harus pakai modem HSDPA, apakah saya bisa tau harganya? Kalau tidak bisa ya bagaimana saya bisa mendapatkannya dengan harga miring? Terima kasih untuk jawabannya!

  3. @Nur Wadik
    Teknologi yang dipakai sama si Telkomsel Flash ini sama kayak di HP, sedangkan kalo di speedy teknologinya kayak telepon rumah, mangkanya speedy butuh kabel telepon.

    Kalau mau make Telkomsel Flash ya kudu punya modem khusus atau HP yang mendukung 3G/HSDPA.

    Untuk modem HSDPA ada beberapa macam interface, ada yg PCMCIA ada yg USB. Harganya mulai 800rb an, memang masih agak mahal

  4. hadoh,.
    bingung.. tolongin aku. Gmana caranya kita tau kalo tu flash unlimited uda aktif??
    ga yakin ni,,. takud2 ga unlimited, kena yang time based. gubrakszz…

  5. Wah,kok aku juga tertarik yak
    kira2 masi promo ga ya??
    Tapi temen2 ku yg pake flash kok sering ngeluh lemotx koneksi

  6. @Yeni
    Wah dah ditutup tuh mbak.. coba provider lain deh.. katanya lebih bagus.

  7. Koq lucu ya.. mahasiswa butuh surat persetujuan dari ortu.. kaya masi anak di bawah umur saja.. hehehe

  8. @aryu
    Itu soalnya bukan aku yg bayar, tapi ortu. Lain cerita kalo kita sendiri yang bayar, harus bawa slip gaji atau estimasi pendapatan sebulan

  9. saya baru mau langganan telkomsel flash rencananya sih yg unlimited basic tp masalahnya saya kagak sanggup beli modemnya n rncna saya mau pake hp se w830i yg belum ada 3g nya jadi gmana menurt tmn2 ada yg tahu gak gmna koneksinya

    • pake software dari SEnya saja.. tapi sayang lho kalau HP dibuat jadi modem, cepet panas, cepet rusak.. lebih aman pake modem. Lagian kecepatan yg nanti bakal di dapet kalo pake hape non 3G bakal ga maksimal

Leave a Reply

