Telkomsel Flash Unlimited Review

Sudah hampir dua minggu saya pakai Telkomsel Flash Unlimited untuk paket Basic, yaitu dengan kecepatan upto 256 kbps atau dengan kecepatan download setara 32 KBps. Nah.. karena itu saya baru bisa berbagi pengalaman saya terhadap layanan ini setelah sekian lama memakainya. Review akan saya bagi menjadi dua, yaitu Ups and Downs, dan seberapa besar efeknya terhadap saya..

Ayo kita mulai.

Ups

  1. Pemakaian internet yang “tidak terbatas”. Paket yang satu ini memang menawarkan paket akses yang tidak terbatas namun dengan tanda kutip, karena menurut iklan kita sebagai pelanggan akan diberikan speed yang sesuai hanya dalam batas 3GB, dalam satu bulan apabila kita melebihi angka itu maka kecepatan kita akan diturunkan menjadi 64 kbps (256 kbps –> 64kbps). Bagi saya akses internet tanpa batas akan memberikan saya keleluasaan mengakses internet sehingga saya merasa tingkat kepentingan: sangat penting
  2. Sinyal yang cukup stabil. Telkomsel seperti kita tahu memang sangat membanggangkan diri mereka karena mereka mampu memberikan area cakupan yang luas dengan kualitas yang bagus. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap koneksi data, dan Telkomsel mampu memberikan kestabilan data transfer yang cukup bagus. Memang terkadang saya tidak dapat terhubung ke jaringan, atau koneksi saya idle selama beberapa menit (2-5 menit), idle disini adalah keadaan dimana saya tidak mendapatkan transfer data dan ini cukup sering terjadi pada jam sibuk internet — biasanya malam hari — namun masih bisa ditolerir. Tingkat kepentingan: penting
  3. Kecepatan Tinggi. Meskipun saya berlangganan koneksi terendah (upto 256 kbps) namun jika dirata-rata tingkat download data perhari 18jam (mulai pagi jam 8 hingga jam 2 dini hari) download rate saya kurang lebih 21KBps (dengan sinyal HSDPA 5 bar). Kecepatan tertinggi, 30KBps, bisa saya dapatkan di pagi hari, 25KBps di siang hari, 18 KBps di sore hari, 10KBps di malam hari, dan 22 KBps di dini hari. Tingkat kepentingan: sangat penting
  4. Bisa dibawa kemana-mana. Karena saya menggunakan koneksi ini untuk di rumah sehingga praktis saya tidak membawanya untuk berkeliling. Tingkat kepentingan: tidak penting
  5. Flat Rate. Tarif bulanan yang sudah pasti dan tidak berubah pasti akan membantu kita untuk merasa tenang dalam menggunakan internet, pastikan anda menggunakan Access Point yang tepat. Tingkat Kepentingan: sangat penting

Downs

  1. Kecepatan yang kita peroleh tergantung dari jarak ke BTS, cuaca, dan traffic. Telkomsel pada awalnya merupakan perusahaan yang berbasis teknologi GSM, dan teknologi ini menggunakan BTS untuk menghantarkan data, sehingga kecepatan yang kita dapatkan ibaratnya seperti waktu kita melakukan panggilan telpon. Jarak ke BTS, cuaca, dan jumlah orang yang ingin melakukan pemanggilan akan berakibat pada bisa tidaknya kita bertelepon, dan kualitas suara yang diberikan. Ini berlaku juga terhadap layanan ini. Pengalaman terburuk yang pernah saya dapatkan adalah waktu saya tidak bisa terhubung ke dalam jaringan, jika terhubung pun tidak mendapatkan paket data satu pun,  sehingga praktis saya tidak bisa apa-apa selama 2 jam. Tingkat kepentingan: penting
  2. Pembatasan kecepatan. Saya memang tidak gila download dan hanya mendownload sekali-kali dan terkadang mengakses video di internet, namun hingga detik ini saya telah menggunakan 4,09 GB dengan sebagian besar saya habiskan untuk blogging. Pembatasan kecepatan ini hanya berpengaruh ketika kita melakukan download, dari yang biasanya maksimum bisa 29 KBps kemudian berkutat di 10-12 KBps, namun kadang-kadang saya masih bisa mendapatkan kecepatan hingga 25KBps. Karena saya biasanya blogging maka menurut saya tingkat kepentingan: lumayan penting

Hmm.. saya tidak bisa memikirkan apalagi yang harus direview, mungkin list ini akan bertambah lagi dalam perjalanan saya berikutnya.

Kesimpulan

Telkomsel Flash Unlimited memberikan kecepatan yang tinggi dan kestabilan yang cukup dalam berinternet dan dengan akses tidak terbatas serta tarif yang tetap setiap bulannya. Sehingga saya memberikan nilai 7 dari skala 10.  Apa yang perlu diperbaiki Telkomsel? Karena menurut saya ini merupakan langkah awal menuju internet terjangkau untuk Indonesia, dan banyak orang yang tertarik untuk melakukan registrasi maka Telkomsel harus melakukan….. Upgrade BTS. Kalau semakin lama pelanggan semakin banyak dan BTS tidak diperbarui atau ditambah kemampuannya, bisa jadi mereka semua malah pada kecewa dan kabur (termasuk saya.. )

Bagaimana menurut anda? berikan komentar terhadap artikel ini..🙂

26 responses to “Telkomsel Flash Unlimited Review

  1. no koment aku lom coba

  2. salah 256 kbps artinya kalau kita download data kecepatan max 256 kbps gitu…bukan 32 kbps mas…..itu jg tergantung pakai modem apa serta jaringnnya,tambahan berlaku untuk coverage jaringan hsdpa atau umts

  3. @Facresi
    Perlu diperhatikan besar kecilnya huruf B, kalo b kecil itu kilobit (8 bit sama dengan 1 byte), kalo B besar itu Byte (1 Byte = 8 bit)

    Jadi 256 kbps = 30 kBps

  4. itu biaya bulanannya brapa

  5. hm…..betul juga sih…. menurut teori …..tapi kok kecepatan downloadnya bisa sampai 70 an kBps ya, bingung jg….aku pakai paket basic dan mendownload menggunakan program idm,ada pengaruhnya tidak ya …..

  6. @Ade Sukanda
    Saya pake yang paling murah 256kbps, Rp 125.000 perbulan flat..😀

    @facresi
    Nah itu.. kadang2 emang gitu, memang diluar batas kadang2. Seperti yang saya sudah tulis diatas, tergantung BTSnya. Teman saya pernah coba di Gresik, dia langganan paket yang sama dengan saya. dia bisa stabil di 50 KBps..

    Kalo di daerah saya sudah mulai parah koneksinya, kayaknya BTS di deket rumah saya sudah mulai banyak yang pakai..

    Telkomsel kudu upgrade BTS ni

  7. Weleh, kirain XL-ku aja yang perlu rekomen upgrade BTS… hihihi…

  8. @rahadian
    Kayaknya udah jadi penyakit kalo mulai banyak pelanggan, mau nggak mau mereka kudu upgrade BTS sebelum kita yg pelanggan ini jadi BT.

    Koneksi saya rata2 cuman 2KBps.. :((

  9. Kalau telkomsel flash nilainya 7 buat mas
    Terus, kalau Speedy nya XL, berapa mas nilainya menurut penelitian mas nya?

  10. @TasNima
    Saya nggak perhan pake yg unlimited XL itu. Tapi kalo berdasarkan pengalaman teman dan kemampuannya di atas kertas.. saya kasih nilai 4

    Soalnya XL unlimited kan upto 64kbps meskipun flat, bulanannya juga lebih mahal.

  11. murah banget ya??

    semoga tidak murahan…

  12. Baru pengen nyoba telkomsel flash nih.. sekarang masi pake broom unlimited speednya lumayan stabil..

  13. u tinggal dmn handy? gue dlu d sby (rungkut dan kertajaya) tp skrg di gresik dket perbatasan mo ke sby lbh tpatx di driyorejo kotabaru ada yg tau?han klo u ad ym add y coz klo bs qta bs share live sampe puas nih id ymku “valent_crusader@rocketmail.com

    sy mo bagi2 pengalaman buat smua, sy skrg pakai flash unlimited basic sblmx pke im2 broom,stlh sy pikir2 keduax sama2 saja tp sdkt lbh unggul flash, krn gini saya dapat sinyal hsdpa tapi cuma bertahan 2 bar pake modem sierra 881u sih apa pengaruh y ma modem?tp klo download bs bertahan 30kBps an, nah klo broom dpt edge n bertahan 25kBps an n 5 bar.. hmm sbulx gprs dan edge itu bedanya apa ya coz ini flash jika dirubah mnjd 2G dpt gprs yg bs full 5 bar n kstabilannya lbh tinggi dripada hsdpa…

    ksimpulan sy sbg penggila download cukup kcewa dg teknologi gsm ini tetap no 1 tspeedy tp sangat mahal sekali biayanya ya lumayanlah dripada nga sama skali ^^

  14. saya juga kalo tengah malam bisa nyampe 80an kBps. aneh

  15. bro valent…..eiiihhh u tinggal di perumnas kotabaru bro?? sama dunkkk kalo gitu !!! oh ya bro betul apa yang kamu sampaikan klo m2 broom cm dpt edge klo di sini…gi mana perkembangan flash di kotabaru bro? signal hsdpa nya udah bagus belom..btw aku jg mau pindah ke flash neh….lam kenal semua !!

  16. YANG TAHU INDOSAT M2.KAYAKNYA CDMA ATAU GSM SICH.TELKOMSEL DI KALTENG MASIH PAYAH.JARINGAN GPRS SAJA NGGAK PERNAH MUNCUL.TELP KE OPERATOR JAWABANNYA SURUH NUNGGU 1×24 JAM TERUS.PAYAH PELAYANANNYA.

  17. NGGAK USAH NUNGU TENGAH MALEM KOK GW BISA SAMPAI 260KBPS (lo kok lebih)

  18. Kalao mau setting tsel flash unli kan gini settingya t

    apn internet
    user wap
    pass wap123

    gitu kan

    takutnya keliru terus tagihan membludak😦

    • pastikan ke 111 dulu bro, nanya ke operator apakah Flash unlimited saya sudah aktif. Kalo operatornya bilang iya.. ya sudah nggak usah khawatir, kalo belum lebih baik jangan..

      Settingannga sudah bener yg di atas itu..

  19. tau speed yang real darimana sih, sepengalaman gw sih tiap dapet sinyal misalnya gprs selalu speednya 53,6 Kpbs ato pas dapet wcdma 7,2 Mbps, itu kan maxnya trus realnya tau darimana?
    klo data seberapa byk qt udah uploaded ato downloaded si bisa diliat, oia aq pake basic juga dengan modem dari telkomsel.
    thx

    • kalo speed sih diliat aja dari software modemnya langsung, cuman emang kalo flash ga mengikuti patokan.. kadang suka lebih dari paket yang kita langganan

  20. Sekarang kan pake Telkomsel Flashnya udah lebih dari 2 minggu, mau tanya nih, bener ga tarifnya 125rb/bulan? soalnya baru jadi pelanggan telkomsel flash juga nih, baru aja masuk bulan pertama dan belum keluar tagihan. Thanks

    • asalkan mbak2 CS di 111 sudah bilang kalo Flash Unlimitednya sudah aktif, dan anda pakai APN: internet, atau telkomsel, Anda tak perlu khawatir..😀

  21. sy jg baru pakai. tp kenapa ya pas dicek ke *888# pemakaiannya udah 300rb, blm tmasuk abdmen,ppn, pdhl sy baru pakai 1 mgg dan tdk dpakai utk yg lain.

Leave a Reply

