Akses Internet Indonesia Semakin Murah

BTS: Kita bisa internetan nggak pake kabel tuh karena diaTahukah anda, dengan berkembangnya teknologi 3G oleh para operator telekomunikasi di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, dan XL maka semakin banyak varian produk yang mereka keluarkan untuk menghasilkan keuntungan bagi mereka. Nah, akhir-akhir ini yang terjadi adalah berlomba-lombanya para provider tersebut untuk menyediakan jasa paket data (data package service) untuk para pelanggannya, utamanya dalam hal ini adalah internet.

Dengan pengaplikasian teknologi 3G maka koneksi internet broadband tidaklah mustahil bagi orang yang sering berpindah-pindah atau mungkin anti pada sistem yang tetap (fixed). Setahu saya, akses internet broadband dapat dinikamti pertama kali oleh pelanggan Telkomsel Flash dimana pada saat itu paket yang tersedia merupakan paket time based atau quota based dengan kecepatan hingga 3,6Mbps (Mega bits per second). Namun layanan ini bisa dibilang cukup mahal, ambil contoh paket 100rb Telkomsel Flash. Dengan 100rb Rupiah anda diberikan keleluasaan akses internet yang sanggaatt cepat namun hanya berlaku selama seminggu dengan akses 24 jam nonstop.

Saya pernah lihat (cuman lihat.. hehe..) ada seorang teman saya yang kebetulan menggunakannya. Wihh.. sungguh menganggumkan download speednya, apalagi kalau sudah ditambah dengan aplikasi download manager.

Seiring waktu berjalan tiba-tiba Telkomsel meluncurkan produk Telkomsel Flash Unlimitednya dengan harga yang menurut saya sangat terjangkau, meskipun kecepatan dibatasi dan berbagai syarat yang menyertai Telkomsel Flash Unlimited ini.  Simak review saya disini.

Saat pendaftaran untuk aplikasi ini dibuka, antusiasme warga Indonesia begitu besar, terutama mahasiswa seperti saya sendiri🙂. Meskipun harga modem internet yang khusus untuk koneksi 3G cukup mahal, namun beberapa orang menganggap hal ini adalah investasi, yang penting harga tiap bulannya yang terjangkau tau jika tidak menggunakan modem mereka rela untuk menggunakan handphonenya asalkan mereka bisa memanfaatkan internet ini.

Begit banyaknya antusiasme warga Indonesia sampai-sampai jaringan yang digunakan tak mampu untuk menyediakan jasa yang berkualitas baik. Sehingga banyak masyarakat yang sempat dikecewakan. Jangan-jangan kita ini digunakan pihak operator sebagai suatu “percobaan” untuk melihat reaksi warga Indonesia.

Dari sini saya bisa mengambil kesimpulan bahwa orang Indonesia kita ini memang benar-benar butuh layanan internet yang dapat dijangkau oleh masyarakat apalagi teknologi yang diusung adalah teknologi nirkabel dimana masyarakat dapat menikmati internet tanpa perlu ribet dengan yang namanya kabel.

Operator yang sekarang tengah menyusul salah satunya adalah IM2, sebuah Internet Service Provider dari Indosat grup. Layanan yang hampir sama juga diberikan oleh IM2, layanannya kurang lebih sebagai berikut:

Broom Unlimited
Akses internet prabayar unlimited lewat jaringan 3.5G dari IM2 dengan metode pembayaran tetap setiap bulannya dengan menggunakan voucher. Kamu bisa menikmati kecepatan akses up-to 256 Kbps sampai dengan volume pemakaian 2GB. Kemudian setelah itu kecepatan akses akan menurun up-to 64 Kbps sampai volume pemakaian yang tidak terbatas!

Namun tentu saja ada beberapa syarat dan ketentuan yang ikut serta dalam layanan ini. Tapi tak apalah. Niat provider kita ini patut kita acungi jempol. Dengan internet yang terjangkau, maka kemudahan akan akses informasi bagi masyarakat Indonesia akan semakin lebar, dan akan membuat masyarakat Indonesia semakin maju dan menyusul ketertinggalan!! Jadi hari gini ga ada yang namanya anak muda (orang tua juga boleh kok) nggak kenal atau nggak bisa pakai yang namanya internet. Minimal punya email dan Friendster lah… :p hehe…

Punya opini lain? tolong beritahu saya lewat komentar..🙂

5 responses to “Akses Internet Indonesia Semakin Murah

  1. pertamaxx!!

    nice infooo…🙂

  2. kewl ..
    i hope everyone will be able to have their own internet access😉

  3. harga murah ada rupu pastinya…

  4. Hem… Yang namanya internet di Indonesia itu masih mahal. Sudah gitu ya ditambah dengan syarat-syarat yang macam-macam. Kasian orang Indonesia. Sudah jadi “percobaan”, pelayanan pun kadang tak memuaskan… Berat…🙂

  5. @idnar
    memang masih mahal, tapi kan diatas saya sudah kasih kata “semakin” hehe.. Tinggal kualitasnya yg kudu diperbaiki.. dan semoga harganya tambah murah..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s