Kejutan Saat Mencoba Membeli Barang Dari Ebay

Dari dahulu saya sangat ingin punya kesempatan untuk membeli barang-barang di ebay, itu karena kebanyakan barang yang kita sukai dan yang kita anggap menarik tidak ada di toko-toko di kota kita tinggal, terlebih lagi mungkin negara kita tercinta Indonesia ini. Namun salah satu hal yang penting untuk bertransaksi di ebay adalah penggunaan PayPal, yang memang tidak dapat kita pungkiri sangat mudah untuk digunakan. Namun PayPal yang saya gunakan mempunyai jumlah uang yang tidak mencukupi untuk membeli, bahkan proses verifikasinya menggunakan VCC, bukan credit card saya yang sebenarnya (ini karena saya belum mempunyai pekerjaan dan masih berstatus mahasiswa hehe..).

Namun beberapa waktu yang lalu seorang teman saya merekomendasikan saya sebuah website yang memberikan layanan pembelian internasional dengan mudah. Kita hanya memberikan sebuah link yang mengarah ke produk tersebut dan orang tersebut akan memberikan kita rincian harga yang harus kita bayar kepada dia agar barang sampai ke tangan kita. Jadi kesimpulannya, dia yang beli apa kemauan kita di internet dan kita bayar ke rekening dia dalam Rupiah. Wah menarik bukan?? dan terkesan semudah membeli barang di FJB Kaskus.. oke lah saya coba..

dan inilah barang yang saya coba untuk membeli (dengan budget pas-pasan tentunya :p)

Nike Blazer High Varsity Red

Nike Blazer High Varsity Red

yup sepasang sepatu Nike Blazer Varsity Red, keren kan?? dan sepatu itu dijual seharga $78 di Ebay tanpa proses pelelangan (bidding). Oke segera saya kirimkan data produk tersebut dan minta tolong dihitungkan perkiraan biaya yang harus saya bayar.

Beberapa jam kemudian saya mendapatkan balasan sbb:

Salam Pak,

Terima kasih telah menghubungi ZoneOrdering.

Perincian total harganya,
Harga Item USD 78.00
Ongkos kirim USD 37.75
Biaya Pembayaran USD 3.47
Pajak Bea Masuk USD 95.49 BM 75.0% + PPh 7,5%
Handling Fee USD 0.00 kurs http://www.klikbca.com
Fee Jasa Order USD 11.58 Rp. 10,500.00
Total Harga USD 226.29 Rp. 2,376,058

Ditunggu persetujuannya dan detail nama alamat dan phone untuk penerbitan
invoice.

Harap diperhatikan tulisan yang saya tebalkan.. ongkos bea masuk sebesar $95.49!!! Jauh dari harga barang yang ingin saya beli, padahal saya menduga hanya berkisar antara $10-$15 (jangan diketawain, maklum masih ga tahu apa-apa ttg Bea Masuk). Mungkin karena terbiasa dengan pelanggan yang sudah pengalaman dengan hal-hal seperti ini, dia hanya melampirkan informasi ini saja..

Daftar Bea Masuk Yang Saya Kurang Mengerti

Daftar Bea Masuk Yang Saya Kurang Mengerti

berhubung saya masih kurang mengerti.. saya coba tanyakan mengapa alasan Bea Masuk bisa sangat keterlaluan sekali..

dan beberapa saat kemudian beliau menjawab

Salam Pak,

Maaf sebelimnya.

Sepatu termasuk kategori item yang masih diproteksi oleh pemerintah. Pajak bea masuk untuk sepatu adalah 60-75% dan berikut juga terlampir bagian dari BTBMI buku tarif bea masuk indonesia untuk sepatu.

Bea masuk untuk produk elektronik sekitar 20-25%. Dan memang banyak item yg bea masuknya diberkisar demikian. Secara garis besar besaran bea masuk dapat pak boss temukan di http://ems.posindonesia.co.id bagian custom rate.

Terima kasih atas pengertiannya dan saya tunggu kabar dari pak boss selanjutnya.

Kok diproteksi ya?? padahal sejauh ini pasarannya ga mungkin sebesar itu.. -_- kalau gini ceritanya, masih ada jalan lain lagi nggak ya untuk beli barang di Ebay?? atau mungkin ada yg jual di Kaskus FJB ga ya??? yg ga segitu harganya..

6 responses to “Kejutan Saat Mencoba Membeli Barang Dari Ebay

  1. hmm… kesimpulannya, saatnya untuk mencintai produk2 dalam negeri🙂. ato paling g, cari aja barangnya di dalam negeri (kemungkinan besar, yg bikin sepatu itu ya buruh indonesia) hehhe..

    • Memang bener mas kebanyakan produsen sepatu terkenal kayak Adidas dan Nike memang punya pabrik banyak di Indonesia. Tapi produsen itu punya jalur distribusi sendiri.. jadi kebanyakan negara produsen ga kebagian model-model yang di bikin di negaranya sendiri.. Kemungkinan besar barang itu juga buatan Indonesia, jadi… bener kan saya mencintai produk dalam negeri?? :p

      • setuju dengan bro handy, adik saya punya pengalaman beli sepatu dari luar juga, wasalamm, ternyata made in indonesia juga.

        negara produsen ga kebagian model-model BAGUS yang di bikin di negaranya sendiri..

  2. memang faktanya seperti itu peraturan di bea dan cukai indonesia. untuk sepatu merupakan produk yang dikenai BM lebih tinggi. hal ini ditujukan untuk melindungi produsen sepatu di dalm negri. seperti yang kita tahu produk sepatu luar negri saat ini membanjiri pasaran lokal kita, dan kebanyakan masyarakat kita leabih cinta produk luar. karena kualitas ayang lebih unggul mungkin. akan tetapi hal ini sangat amerugikan apabila di biarkan terus-menerus terjadi, bagi Produsen dalam negri sepatu dalam negri. Life customs.

  3. wew, nyasar dimari bos.. menarik jug artikel nya😀
    akhirnya natal beli ya, apa beli juga , wasallam..

Leave a Reply

