BNI Smart Spending

Seorang teman saya yang kebetulan baru saja mendapatkan kartu kreditnya cukup heran dengan tagihannya setelah dia melakukan penghitungan dengan lebih seksama..

SmartSpending BNIBNI 46Apa masalahnya..? dia bercerita bahwa sebelumnya dia tergiur dengan promosi BNI mengenai SmartSpending yang kalau kita lihat di iklan-iklan dan juga tagihan kartu kredit BNI selalu memaparkan angka 0,8% dengan besar sekali.

Otomatis dia tergiur dan melakukan perubahan transaksinya ke Smart Spending setelah menelepon call center BNI, dan memilih jangka waktu 3 bulan, sehingga beranggapan bahwa transaksi tersebut hanya akan terkena bunga total 0,8% dan kemudian dibagi rata sesuai dengan jangka waktu yang dipilihnya.

Jadi kalau dari anggapan dia yang saya tangkap adalah seperti ini. Misal transaksi sebesar Rp. 1.000.000, dengan iming-iming bunga 0,8% berarti totalnya hanya ditagihkan Rp. 1.008.000 dan dibagi 3 menjadi  Rp. 336.000 per bulan yang harus dibayar.

Karena dia bertanya kepada saya yang notabene juga ga ngerti-ngerti banget tentang hal beginian, maka saya mengajak untuk melihat kembali dengan seksama. Setelah membandingkan dan memperhitungkan kembali, kami temukan bahwa bunga untuk cicilan 3 bulan itu sebesar 2,4%!!! Lho kok bukan 0,8% ya…?

Ternyata 0,8% itu adalah bunga bulanannya, sehingga apabila kita mencicil 3 bulan, maka 0,8% dikalikan dengan 3 sehingga didapatkan 2,4%, dan seterusnya hingga cicilan setahun sehingga maksimal bunga 1 tahun adalah.. 0,8% x 12 = 9,6%, kalau dihitung-hitung sih masih jauh lebih rendah menggunakan SmartSpending ini daripada bunga tahunan biasa yang bisa mencapai 35,4%…

Jadi jika melihat promo kartu kredit, jangan segera mengambil kesimpulan terlalu cepat sehingga tidak mendapatkan hasil yang maksimal.. hehe.. pelajaran juga bagi saya.. hehe..

5 responses to “BNI Smart Spending

  1. kalau misalnya nunggak mancicil kira2 di kejar deb.colector nggak ya…hehe…

  2. wow thanks infonya …soalnya teman2ku pengguna cc banyak yg belon ngerti jg…

  3. Lebih baik menggunakan kartu kredit hanya untuk supaya kita nggak pake uang cash saja, jangan sampai digunakan untuk berhutang karna bunganya menjerat.
    Saya juga pernah mengalami hal yang sangat merugikan dari bunga yg muncul akibat menunggak.
    Pelajaran untuk yang lainnya, sekali lagi : jangan dipakai untuk menunggak pembayaran kartu kredit.

    • Sebaiknya Kartu Kredit itu digunakan sebagai alat transaksi.. tp memang ada saatnya kita butuh barang buat dengan dicicil pembayarannya. SmartSpending ini cukup membantu jika tahu cara mainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s